Inilah 11 Fitur dan Kelebihan Android Nougat 7.0

Operasi sistem Android dari google ini berkembang dengan pesat. Begitu juga dengan fitur dan kelebihannya menjadikan Android sebagai Operasi sistem smartphone yang paling populer. Dalam Android Nougat 7.0 mengusung banyak perubahan dan peningkatan. Dan masih ada perbaikan sehingga meluncurkan update versi 7.1. Saya akan menjelaskan sedikit tentang Android nougat.

Sebelum itu Apa sih Perbedaan Antara Android Nougat 7.0 dan 7.1

Perbedaan utama dari kedua versi itu ialah pada Fitur.

Pintasan Aplikasi (App Shortcuts)

App Shortcuts adalah pintasan cepat untuk yang dapat di akses dengan mengetuk dan menahan ikon aplikasi. Pintasan ini mempermudah berbagai tindakan terkait aplikasi tanpa harus membukanya. Tetapi ini adalah fitur yang perlu diterapkan oleh pengembang aplikasi, berarti tidak semua aplikasi memiliki fitur ini.

Ini mirip dengan 3D Touch yang tersedia di iPhone modern.

Kirim Gif Lewat Keyboard

Anda dapat mengirim GIF langsung dari keyboard tanpa harus memasang aplikasi GIF pihak ketiga. Ini juga dapat terhindar dari kerumitan beralih antara aplikasi perpesanan dan GIF.

Dan yang terakhir lebih bayak lagi Emoji utamanya dalam kesetaraan gender di tempat kerja.

Mengenal Fitur dan Kelebihan pada Android 7.0 Nougat

1. Emoji: bisa juga disebut emoticon. Di Android nougat terdapat lebih dari 1500 emoji, dan terdapat juga 72 emoji yang baru. Dengan emoji ini membuat pesan menjadi lebih seru dan menarik.

2. Multi windows (Multitasking): Fitur ini memungkinkan kita untuk menjalankan dua aplikasi berdampingan, dengan cara membagi dua tampilan layar smartphone. Dan ini dilakukan dengan peralihan aplikasi dengan cepat. Seperti nonton film sambil sms.

4. New grafis: Vulkan Api sejenis grafis 3D high performance untuk game changer. Vulkan Api menggunakan infrastruktur terbaru. Grafis ini ditujukan untuk memaksimalkan kinerja Android yang khususnya pada game. Tidak hanya kinerjanya saja yang meningkat tapi kualitas ketajaman yang hampir bisa menyerupai ps4 atau xbox one.

3. Doze: Fitur yang sudah ada di Android marshmallow yaitu Doze. Doze merupakan fitur untuk menidurkan / membekukan (freeze) aplikasi yang tidak dipakai atau tidak diperlukan. Di android nougat fitur doze telah ditingkatkan. Dengan fitur ini baterai akan lebih terjaga dan hemat.

4. Data saver: Batasi penggunaan data dengan data saver. Jika fitur ini di aktifkan, maka aplikasi di latar belakang tidak dapat mengakses data. Sehingga bisa untuk menghemat kuota internet. Filter aplikasi yang di perbolehkan untuk menggunakan koneksi data internet. Sehingga hanya aplikasi tertentu yang dapat mengakses internet.

5. Notifikasi: Fitur notifikasi terbaru yang lebih baik, yaitu .

  • Direct replay: yang dapat membalas pesan yang terdapat di notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Cukup dengan membalasnya langsung di notifikasi.
  • Kontrol Notifikasi: fitur untuk mengatur pemberitahuan. cukup tekan tahan untuk mengaktifkan pengaturan.
  • Selain itu juga terdapat Bundled notifications: fungsinya apabila aplikasi yang sama mengirim empat atau beberapa pemberitahuan dan tidak di kelompokan, maka sistem akan secara otomatis mengelompokan notifikasi.

    6. Mengubah ukuran layar: Dapat mengatur ukuran tampilan sesuai dengan kebutuhan. Tampilan dapat diperbesar dan diperkecil, tidak hanya untuk teks saja tetapi juga bisa untuk semua elemen seperti ikon dan gambar.

    7. Custom quick setting: Pengaturan dengan desain profesional. Menu dapat di ringkas yang semula banyak dan besar menjadi lebih rapi. Ini dirancang untuk menggunakan menu pengaturan yang lebih simpel, cepat dan nyaman.

    8. Virtual reality: Android nougat didukung mode Virtual reality disingkat dengan VR. Virtual yang dapat berinteraksi dengan lingkungan dalam bentuk simulasi. Di ibaratkan seperti menonton bioskop. Platform VR dari google yaitu Google Daydream.

    9. JIT compiler: Sistem baru yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi Android saat dijalankan. Data instalasi pada aplikasi akan dikurangi. Update aplikasi dan sistem akan lebih cepat, karena data yang di unduh lebih sedikit dari instalasi dan data tersebut bersifat menambahkan atau mengubah data dalam instalasi, bukan instal ke versi yang baru.

    10. Security (keamanan): Dikarenakan android berbasis open source, maka rentan dalam masalah keamanan. Maka keamanan android nougat lebih ditingkatkan dan menjadi baik dari android versi-versi sebelumnya.

    11. Project svelte: Project svelte merupakan upaya untuk meminimkan penggunaan ram pada sistem android dan semua aplikasi dalam perangkat android. Di Android Nougat Project svelte berfokus pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

    Penutup - Hanya itu saja yang saya sebutkan dan sebenarnya masih ada banyak lagi yang mungkin tidak saya ketahui. Hanya smartphone terbaru yang update versi nougat. Tentunya jika smartphone low-end menggunakan android nougat akan lebih menarik dari versi yang sebelumnya dan menjadi banyak yang dicari. Sekian dari saya tentang Android Nougat.

    Update - Sekarang google menyiapkan android versi selanjutnya - Android O. Apa yang menarik darinya lihat selengkapnya di Fitur Terbaik Android O Mendatang Yang Keren & Smooth.

    Artikel Menarik Lainnya

    Komentar
    Disqus