Backlink - Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Link adalah sebuah kata-kata atau kalimat atau bisa juga gambar yang memiliki struktur alamat url dan url itu menuju ke halaman itu sendiri atau menuju ke halaman lain. Dalam dunia blogger link keluar ( ke blog lain) biasa disebut dengan backlink.
Dalam sebuah halaman blog pasti terdapat sebuah link. Link dalam halaman blog tersebut di bedakan menjadi 2 jenis yaitu dofollow dan nofollow. Dalam blog backlink itu penting, bahkan sampai dijual belikan.
Secara umum penulisan kode sebuah link dalam html sebagai berikut.
<a href="http://www.sebuahlink.com">sebuahlink</a>
Kode html di atas akan menghasilkan sebuah link dengan kata “sebuah link” dan link tersebut akan menuju ke situs dengan alamat url "http://www.sebuahlink.com". Ketika robot bot membaca sebuah link maka robot bot akan memeriksa apakah link tersebut termasuk link dofollow atau nofollow.

Pengertian dan Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Backlink Dofollow

Kata dofollow sama saja dengan follow, yang artinya mengikuti (dirayapi). Backlink jenis ini mengandung maksud boleh di rayapi atau crawling oleh robot bot mesin pencari. Halaman blog yang terdapat link dofollow maka secara otomatis mesin pencari akan meneruskan perayapan dari halaman blog tersebut ke link dofollow tadi.Untuk menggunakan atribut jenis ini tidak perlu memasang rel="dofollow" atau rel="follow" karena link yang tidak diberi atribut tersebut sudah termasuk link dofollow dalam artian link dofollow sifatnya default. Sehingga secara otomatis akan melakukan crawling, contoh link dofollow seperti yang tertuliskan di atas tadi.

Backlink Nofollow

Kata nofollow diartikan tidak dirayapi, backlink jenis ini merupakan kebalikan dari backlink dofollow yang bermakna di cekal untuk di rayapi. Sehingga robot bot tidak akan melakukan crawling terhadap link nofollow. Untuk penulisannya menggunakan tambahan atribut rel="nofollow".
Contoh penulisan link nofollow kode htmlnya.
<a href="http://www.contohnofollow.com" rel="nofollow">contoh nofollow</a>

Dampak Backlink Dofollow dan Nofollow di mesin pencari

Backlink DoFollow

Backlink dofollow mempunyai nilai dan dapat meningkatkan pagerank di mesin pencari, sehingga peringkat di mesin pencari akan menjadi lebih baik. Peningkatan yang di alami akan melonjak dengan cepat. Sehingga blog dofollow ini dapat dimanfaatkan untuk para blogger pemula untuk meningkatkan pagerank. Akan tetapi itu hanya bersifat sementara, trafik pengunjung tidak bisa stabil, dan tidak dapat bertahan lama (bersifat sementara). Jika salah penggunaan bisa berdampak buruk yaitu trafik akan menurun.
Backlink dofollow bisa juga bertahan terus jika kualitas backlinknya (situs yang dituju) bagus. Perlu diingat backlink tidak hanya meningkatkan trafik pada postingan yang memiliki backlink, tapi untuk blog itu sendiri termasuk semua halamannya.

Backlink NoFollow

Blog yang memiliki Backlink nofollow dapat meningkatkan factor seo, itu di karenakan mesin pencari seperti google sendiri lebih cenderung menyukai link nofollow dari pada dofollow. Walaupun sebenarnya link ini tidak berarti apa-apa di mata mesin pencari, akan tetapi dapat menjadi pondasi untuk meningkatkan traffik pengunjung, dan dapat menstabilkan trafik pengunjung.
Saya pernah baca juga bahwa backlink yang di gunakan untuk seo adalah link yang terdapat di awalnya artikel. Jadi mesin pencari itu menilai kualitas link yang terdapat pada artikel dengan letak di awalnya. Dan untuk selanjutnya hanya untuk penyangga link pertama.

Cara menggunakan atribut nofollow pada link

Contoh untuk pengguna layanan blogger.
  1. Klik kata yang ingin dibuat link.
  2. Setelah itu klik "link" di bagian menu untuk pengeditan kata.
  3. Maka akan muncul tampilan seperti ini.

  4. Klik Add 'rel=nofollow' attribute untuk mencentang.
  5. Link sudah menggunakan atribut nofollow. Untuk merubahnya lagi klik linknya kemudian klik change.
Jadi blog dofollow dapat meningkatkan traffik blog dengan drastis dan tidak akan bertahan lama. Berhati-hatilah untuk menggunakan backlink dofollow, yang terutama biasanya untuk mencari trafik. Karena jika salah dalam penggunaannya akan memperburuk blog diakhirnya. Orang yang menggunakan blog dofollow biasanya mereka yang sudah kenal dan ahli dalam dunia blogger dan SEO. Jadi untuk menggunakan backlink dofollow harus hati-hati dan carilah backlink dari blog yang berkualitas. Jika link tidak cocok untuk dofollow lebih baik pakai nofollow, jarang juga link dofollow yang cocok untuk dipakai.
Sekian dari saya tentang backlink dofollow dan nofollow.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus