Apa Itu Defragment Hard Disk dan Bagaimana Caranya

Umumnya bagi yang baru mengenal komputer / pemula atau mungkin sudah lama. Tetapi belum tau apa itu yang dimaksud defragment hard disk pada komputer. Di sini saya akan menjelaskan tentang pengertian mengenai defragment hard disk dan beserta fungsinya.

Pengertian Defragment

Defragment atau defragmentasi adalah sebuah proses dimana menangani / menata berkas atau data yang mengalami fragmentasi. Suatu berkas dapat dikatakan fragmentasi apabila berkas mengalami perpecahan. Maksudnya file yang berada dalam ruang Hard disk terpecah menjadi beberapa bagian dan bagian tersebut letaknya menyebar atau tidak berdekatan atau berantakan.

Fragmentasi pada hard disk akan menyebabkan subsistem media Hard disk melakukan pencarian data lebih banyak dan lama. Karena data terpisah pisah / terpecah sehingga harus mencari pecahan yang lain. Kalau di ibaratkan seperti sebuah rumah yang di dalamnya berantakan, pasti dalam mencari sesuatu akan merepotkan.

Proses defragmentasi akan menata berkas-berkas yang berantakan. Sehingga berkas dalam hard disk akan tertata rapi.

Mungkin dalam penggunaan sehari hari seperti proses instalasi / uninstall program dan membuat / menghapus data, terkadang proses seperti itu datanya tidak tertata.

Fungsi Defragment

Melakukan defragmentasi pada hard disk memiliki fungsi yang utamanya untuk mempercepat kinerja komputer. Dimana sistem bisa lebih mudah dalam mengakses data dan file sistem yang di butuhkan, begitu pula saat menjalankan sebuah program.

Jika sistem bisa membaca data dengan mudah, maka kinerja hardisk tidak terlalu berat. Sehingga dengan cara defragmentasi juga dapat memulihkan kinerja dari hard disk dan dapat menjaga suhu pada hard disk. Dengan begitu usia hardisk bisa lebih panjang.

Efek dari defragmentasi tergantung fragmentsi dari sebuah hard disk. Performa setelah defragmentasi hard disk akan sangat terasa jika fragmentasinya sekitar 20% sampai 25%, dengan mmperbaiki fragmentasi yang besar performa akan jauh lebih meningkat.

Berbeda yang fragmentasinya hanya sedikit sekitar 5%, yang ketika setelah melakukan defrag peningkatan performa akan kurang terasa. Disarankan untuk tidak terlalu sering mendefrag hardisk. Sebaiknya lakukan defragmentasi hard disk jika fragmentasinya diatas 10%.

Proses defrag itu menata ulang file di blok hard disk. Terkadang defragment ini bisa membuat free space hard disk bertambah, dan ini wajar. Mungkin bisa di ibaratkan seperti lemari yang berisi baju tanpa di tata, maka akan memerlukan banyak tempat. Berbeda jika baju yang telah di tata, maka akan terlihat ruang kosong akan semakin longgar.

Defragmentasi ini akan meningkatkan performa, tetapi hanya untuk hard disk drive. Dan perlu di ingat jangan pernah melakukan defragment pada hard disk SSD (Solid State Drive). Karena ini akan menimbulkan kerusakan.

Cara Defrag HardDisk

Tool defragmentasi sudah ada di windows, tidak perlu repot-repot download lagi. Di sini saya membuka tool di windows dengan metode dari File Explorer.Caranya:

  1. Buka file explorer.
  2. Klik kanan pada disk (terserah yang mana). Lalu klik properties.

  3. Pada menu Tools pilih Optimize.

  4. Pilih Disk drive yang akan di defrag. Setelah itu klik Optimize.

  5. Tunggu sampai proses selesai. Lamanya tergantung besarnya semua data yang terdapat pada disk.

Itulah yang bisa saya sampaikan mengenai defragmentasi hard disk dan caranya mendefragmentasi, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus