Mengenal Perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit

Di waktu install operasi sistem, software, atau driver pasti terdapat istilah 32-bit atau 64-bit. Di sini saya akan menjelaskan tentang apa itu 32-bit dan 64-bit, dan apa perbedaannya.

Pengertian Bit

Bit merupakan proses pengolahan data. Istilah dari 32-bit dan 64-bit terpacu pada cpu (prosesor) untuk mengatur proses jalannya data yang digunakan untuk menyimpan data komputer sementara. Tempat penyimpanan data tersebut disebut register. Besarnya data tersebut berpengaruh pada bagian memori (RAM).

Istilah

Untuk Windows atau software yang berbasis 32-bit dan 64-bit biasanya juga menggunakan nama lain. Dalam penyebutannya kata 32-bit itu sama saja dengan x86. Sedangkan untuk kata 64-bit sama dengan x64.

Perbandingan Antara 32-bit dan 64-bit

Proses Data

Dalam sekali proses 64bit memiliki proses data yang lebih cepat dari 32bit. Walaupun sebenarnya ini tidak bisa dirasakan secara langsung.

Pengolahan RAM

Untuk penggunaan ram, prosesor 32-bit hanya dapat menggunakannya maksimal 4GB. Walaupun komputer dipasang ram 6GB atau 8GB (lebih dari 4GB) maka komputer tetap akan mengunakannya sebanyak 4GB.

Sedangkan untuk Windows 64-bit bisa menggunakan ram lebih dari 4GB. Untuk batas maksimal ram yang bisa dipakai windows 64-bit bisa berkali-kali lipat, dan itu tergantung pada sistem operasi yang dipakai.

Kecepatan Performa

Untuk perbandingan performa tentunya Windows 64-bit lebih baik. Jika Windows 32-bit lebih cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan. Berbeda dengan Windows 64-bit yang digunakan khusus untuk pekerjaan yang berat. Seperti editing video, virtualisasi dan lain-lain.

Menjalankan Aplikasi

Dalam komputer yang menggunakan sistem 32-bit tidak bisa menjalankan software yang berbasis 64-bit. Karena software 64-bit dirancang khusus untuk komputer yang memiliki prosesor 64-bit dan komputer 32-bit tidak bisa melakukan / menjalankan software 64-bit.

Tetapi berbeda untuk sistem 64-bit yang bisa menjalankan software 32-bit. Tentu karena proses softwarenya hanya memerlukan 32-bit saja.

Pilih Install 32bit atau 64-bit

Dalam memilih menurut saya tergantung pada ram yang sedang di pakai. Untuk ram 2GB lebih baik memakai Windows 32-bit. Karena jika memakai Windows 64-bit maka sistem akan berjalan lebih lambat dari Windows 32-bit dan itu sudah saya coba.

Untuk ram 4GB saya rekomendasikan tetap memakai Windows 32-bit, karena menurut saya kalau ram hanya 4GB jika di install Windows 64-bit kinerja untuk menjalankan aplikasi berat tidak akan maksimal.

Sedangkan yang memakai ram lebih dari 4GB sangat baik jika menggunakan Windows 64-bit, karena ram dapat dibaca semua oleh Windows dan ketika menjalankan aplikasi berat kinerja bisa maksimal.

Cara mengetahui apakah Windows berbasis 32-bit atau 64-bit

  1. Buka File Explorer.
  2. Cari di bagian kiri terdapat menu dengan nama Computer. Karena di sini windows 10 maka bukan "Computer" tapi "This PC", Klik kanan menu tersebut.

  3. Di bagian bawah sendiri klik properties.
  4. Maka akan muncul jendela System, di bagian system type akan ada arsitektur tipe sistem yang digunakan. 64-bit Operating System artinya menggunakan windows 64-bit, jika 32 maka menggunakan 32-bit.

Cara Mengetahui Prosessor Support 64-bit atau tidak

DownloadSecurable. Dan buka softwarenya maka akan muncul seperti ini.

Kotak garis merah: Menandakan maximum bit. Contoh di atas termasuk procesor yang support 64bit.

Cukup sampai di sini penjelasan saya, semoga dapat memahami Perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus