Perbedaan Android 32 bit dan 64 bit Mana yang Lebih Baik

Smartphone android dengan prosesor 64 bit jauh lebih baik dari Android yang memiliki prosesor 32 bit. Sehingga smartphone dengan prosesor 64 bit akan lebih banyak digunakan dalam pembuatan produk terbaru. Setidaknya perusahaan besar seperti Qualcomm dan Mediatek akan menggunakan prosesor 64 bit untuk chip terbaru yang mereka keluarkan.

Teknologi prosesor 64 bit pada komputer diperkenalkan pada tahun 2003 dan berlanjut pada sistem operasi seperti windows, linux dan lainnya.

Pada tahun 2013 Prosesor 64 bit mulai merambah ke perangkat mobile, dan yang pertama menggunakannya adalah iPhone 5 dari Apple. Tetapi smartphone android dengan prosesor 64 bit tidak bisa optimal jika menggunakan Android Kitkat ke bawah.

Lalu setahun kemudian meluncurkan versi android pertama yang mendukung dengan prosesor 64 bit, yaitu Android Lollipop. Hanya di android Lollipop ke atas prosesor 64 bit dapat bekerja dengan maksimal karena mendukung ARMv8 dan platform 64 bit. Hanya arsitektur ARMv8 yang dapat mendukung 64 bit. Di versi lollipop tersematkan juga Android runtime (ART) terbaru yang menjadikan lollipop menjadi lebih kencang.

Kelebihan Smartphone Android 64bit

Smartphone Android 64 bit jauh lebih baik karena memiliki beberapa kelebihan. Dan kelebihan itu membuat perbedaan antara android 32 bit dan 64 bit. Berikut kelebihan yang ada pada smartphone android 64 bit.

Performa

Dalam hal performa android 64 bit memiliki kemampuan pemrosesan data yang jauh lebih tinggi dan performa yang lebih baik dibanding dengan 32 bit. Tapi belum tentu lebih baik, jika 64bit kelas bawahan dengan 32bit kelas atas maka 32bit lebih unggul. Jadi maksudnya performa keduannya berbeda jika dalam kelas yang sama.

Dalam user interface (UI) aplikasi-aplikasi akan berjalan lebih respon dan cepat. Performa grafis yang digunakan pun juga lebih baik.

Konsumsi Daya

Tidak hanya performa saja. Walaupun performa jauh lebih baik, prosesor 64 bit justru lebih hemat daya dan efisien dalam penggunaan energi. Karena menggunakan ARMv8 yang dirancang lebih efektif, efisien dan cepat.

Walaupun menggunakan 8 core sekalipun atau bahkan lebih tidak akan boros beterai dan efisiensinya masih tetap terjaga.

Ukuran Ram

Penggunaan RAM yang bisa melebihi 4GB, tidak seperti 32 bit yang maksimal hanya 4GB.

Ram yang besar sampai 4GB belum menjadi faktor utama untuk menggunakan aplikasi dan game saat ini. Tetapi smartphone high-end terbaru menggunakan ram yang lebih dari 4GB. Dan biasanya untuk mendapatkan Benchmark yang lebih tinggi dan bersaing dengan smartphone lainnya.

Keamanan

Dalam keamanan enkripsi dan dekripsi prosesor 64 bit lebih baik dari 32 bit. Dimana enkripsi yaitu keamanan suatu info dalam piranti, sedangkan dekripsi yaitu sistem buka kunci yang di pasang di suatu info.

Kedua keamanan tersebut sama-sama tergantung pada kekuatan matematika. Dengan hal tersebut prosesor 64 bit memiliki algoritma yang lebih rumit.

Produsen smartphone tidak menjual produk yang berprosesor 64 bit dengan harga mahal saja, banyak juga smartphone low-end 64 bit yang harganya murah. Smartphone dengan prosesor 64 bit akan semakin banyak digunakan di smartphone terbaru.

Sebelum anda membeli smartphone, anda bisa memilih smartphone 64 bit yang memiliki kelebihan yang jauh lebih baik dari smartphone 32 bit, terutama yang sering dibutuhkan adalah performa dan efisiensi daya. Sekian dari saya tentang smartphone Android 32 bit dan 64 bit.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus