Memahami Pengertian Domain dan Hosting bagi Pemula

Dalam internet domain dan hosting merupakan salah satu hal umum yang digunakan di internet. Yang bertujuan mengambil informasi dalam internet, seperti dalam blog atau website.

Tapi apa yang dimaksud domain dan hosting. Bagi yang pengguna website atau blog atau yang sudah ahli internet maka sudah tahu apa itu domain dan hosting. Tapi untuk pemula pasti masih awam tentang domain dan hosting, termasuk juga perbedaan domain dan hosting.

Di sini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi dari domain dan hosting.

Apa Itu yang Dimaksud Domain Dan Hosting

Domain Adalah

Domain adalah nama sebuah alamat atau Url yang digunakan sebagai penggantinya nama IP. Contohnya: www.detik.com, www.lazada.co.id dan lain sebagainya. Dari sebuah nama tersebut sebenarnya merupakan nama lain alamat ip server. Nama ip bertuliskan angka-angka, jika mengakses menggunakan ip tentunya akan kesulitan.

Domain Memiliki 3 tingkatan (level) diantaranya.

Top Level Domain - TLD

Top Level Domain merupakan kata yang terletak di bagian belakang dari domain. Contohnya: www.detik.com, maka .com itu merupakan top level domain. Contoh jenis Top Level Domain yang lain seperti .com, .net, .org, .edu dan sebagainya. Dan harga untuk setiap jenis Top Level Domain ini berbeda-beda.

Top level domain ini terdapat 2 macam yaitu.

a. Generic Top Level Domain - gTLDGeneric Top Level Domain merupakan Top Level Domain yang bersifat general atau umum. Misalnya: .com, .edu, .int, .mil, .gov, .org, .net.

b. Country Code Top Level Domain - ccTLDCountry code Top Level Domain merupakan Top Level Domain yang bentuk untuk kode negara. Misalnya Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us dan sebagainya.

Second Level Domain

Second Level Domain merupakan nama domain yang di daftarkan. Contoh: www.infosaya.com maka "infosaya" adalah Second Level Domain.

Third Level Domain

Third Level Domain kata yang berada di sebelum nama Second Level Domain. Contoh: www.blog.infosaya.com maka "blog" merupakan Third Level Domain, yang biasa disebut subdomain.

Hosting Adalah

Hosting adalah suatu tempat penyimpanan file data di internet. File data-data tersebut bisa dalam bentuk dokumen, gambar, video, software, dan lain sebagainya. Yang semua itu disimpan dalam komputer yang disebut komputer server.

Sama halnya seperti komputer biasa yang memiliki harddisk, processor, ram dan lainnya, tetapi memiliki spesifikasi yang tinggi, dan dirancang khusus untuk komputer server. Tidak hanya hardwarenya saja, dalam perangkat lunaknya pun juga khusus baik dalam operasi sistem maupun softwarenya. Komputer server ini berjalan terus-menerus (24 jam penuh) itulah mengapa harus memiliki perangkat yang baik (kualitas tinggi).

Komputer server untuk data hosting ditempatkan di data center (pusat data) dengan suplai listrik yang baik dan terhubung langsung dengan jaringan internet yang mempunyai kecepatan transfer yang yang tinggi.

Hosting untuk menyimpan dan mengelola data website disebut web hosting. Untuk penyimpanan data secara storage (virtual disk) disebut cloud hosting. Untuk harga dari hosting tergantung besar kecilnya penyimpanan, spesifikasi hardware, dan layanan yang digunakan.

TambahanKesimpulannya domain itu adalah nama dari alamat untuk membuka data yang di hosting. Contoh: jika membuat blog di blogger maka domainnya adalah blogspot.com dan data yang tersimpan seperti gambar, teks dan lainnya sudah di hosting oleh google. Karena blogger itu milik google. Tapi jika ingin custom domain di blogger tidak perlu membeli hosting karena data sudah di hosting gratis.

Layanan penyedia domain dan hosting

Terdapat banyak layanan penyedia domain dan hosting baik dalam negeri maupun luar negeri. Contoh penyedia layanan domain dan hosting.

  • https://idwebhost.com
  • https://www.rumahweb.com
  • https://www.niagahoster.co.id
  • https://www.hostinger.co.id
  • https://id.godaddy.com

Untuk bagi kalian yang ingin memilih layanan yang memiliki reputasi yang baik dan juga dapat memuaskan, maka harganya cenderung mahal, tetapi belum tentu murah itu buruk. Setidaknya sebelum memilih layanan cari tau dulu informasi tentang layanan tersebut dengan browsing-browsing. Mungkin juga ada yang berbagi pengalaman dari yang pernah berlangganan. Dan semoga sukses. 😉😄

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus