Inilah Emulator Android Terbaik Ringan untuk PC atau Laptop

Emulator merupakan software yang memungkinkan untuk menjalankan sistem operasi. Di sini akan membahas Emulator Android yang di mana android merupakan Operasi Sistem yang terkenal.

Dengan emulator mungkin akan terasa lebih nyaman sebab memiliki layar yang lebih luas. Tapi karena terdapat banyak software emulator yang membuat kita kesulitan untuk memilih nya, di sini saya akan membahas beberapa Emulator ringan, terbaik, dan mungkin bisa memilih mana yang cocok untuk di pakai komputer atau laptop kalian.

Memu Salah Satu Emulator Android Ringan

Memu adalah emulator yang sangat cocok untuk bermain games. Banyak game yang kompatibel, tetapi sebagian aplikasi tidak kompatibel dengan emulator memu, seperti BBM, chrome dan lainnya, jikalau kompatibel mungkin hanya sedikit. Memu juga dilengkapi dengan akses root juga. Tidak seperti bluestack yang harus melakukan modifikasi.

Dalam segi tampilan layaknya seperti android dan desain emulatornya menarik dan rapi. Untuk performanya terbilang ringan dan cocok dengan spesifikasi yang rendah. Memu bisa di dapatkan dan di unduh gratis dan tidak ada iklan dalam emulator ini.

Sistem Spesifikasi.

  • Windows Vista/Windows 7 SP1/Windows 8.1/Windows 10.
  • Intel atau AMD Cpu (Support Virtualization).
  • Support GPU dengan OpenGL 2.0+.
  • 1 GB Ram tidak terpakai.
  • 2 GB disk kosong.

Emulator Terbaik untuk Komputer dan Laptop

Remix OS Player

Remix OS merupakan sistem operasi berbasis Android yang dibuat untuk membuat Android lebih powerful dan produktif saat digunakan dalam PC experience. Untuk emulator dinamakan Remix OS player performanya Remix OS Player memanfaatkan teknologi studio android terbaru dan beberapa fitur yang sudah di optimalkan untuk gaming. Menurut saya Remix OS Player ini paling kompatibel dengan aplikasi dan game apapun.

Tampilannya juga bagus dan menarik yang mirip seperti windows dan tidak sama dengan tampilan emulator android yang lain. Sehingga Remix OS player ini bisa menjalankan dua aplikasi atau game yang berdampingan secara bersamaan dalam satu layar. Tapi spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya cukup tinggi. Remix OS Player bisa diunduh secara gratis.

Atau mungkin kalian bisa install Remix OS untuk operasi sistem. Dan menerapkan sebagai dualbootWindows dengan Remix OS.

Sistem Spesifikasi.

  • Windows 7 (64-bit) atau yang lebih baru.
  • Core i3 (Disarankan Core i5 ke atas) / Tidak mendukung cipset AMD.
  • 4GB RAM.
  • 8GB Storage (Disarankan 16 GB).

BlueStack 3

BlueStack merupakan Emulator Android yang sangat populer. Banyak juga aplikasi dan games yang kompatibel dengan emulator ini. Dengan adanya streaming tv yang bisa menonton pemainan pengguna lain, sehingga bluestack cocok untuk gamer.

Tampilan untuk recent tidak ada, tapi disediakan tab sehingga ketika membuka aplikasi maka tab akan bertambah, bisa juga dibilang seperti tab pada windows. Untuk performanya cukup baik dan memerlukan spesifikasi yang ringan. Tapi menurut saya tampilannya kurang bagus.

Bluestack ini bisa di download secara gratis. Tetapi emulator ini terdapat iklan yang merepotkan karena akan mengunduh aplikasi atau game, bisa dibilang iklan. Ingat dengan adanya iklan juga bisa memperlambat performa bluestack. Untuk menghilangkan iklan maka harus berlangganan sebesar 2 dolar atau sekitar 25 ribu sampai 30 ribu setiap bulan. Bluestack tersedia juga untuk versi Mac.

Sistem Spesifikasi.

  • Windows 7 atau yang lebih baru.
  • Ram minimal 2GB.
  • Terdapat 4GB ruang disk yang tersedia.
  • Memiliki Dirext X 9.0 atau yang lebih tinggi di install pada sistem.
  • Driver grafis PC Anda harus diperbarui untuk kompatibilitas dengan BlueStacks.

Android Studio

Android studio merupakan emulator yang fungsi utamanya adalah untuk menguji dan mengelola aplikasi yang di kembangkan. Para pengembang banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk menguji dan mengembangkan aplikasi mereka, Karena memiliki fitur yang lengkap.

Bagi yang mengembangkan aplikasi android maka bisa menggunakan android studio sebagai emulator pilihan utama. Dan menurut saya Android studio adalah emulator terbaik untuk para pengembang aplikasi dan game.

Nox App Player

Nox app players merupakan emulator yang didukung untuk gaming. Fitur dan control-nya yang lengkap dan tidak kalah dengan emulator lainnya yaitu terdapat utilitas dan penambahan yang secara khusus membantu gaming dengan menggunakan keyboard dan mouse.

Untuk tampilan menurut saya cukup baik yaitu dengan warna hitam yang mencolok cocok untuk yang tidak suka cerah, serta fiturnya yang dapat di akses dengan mudah. Dan untuk yang kurangnya menurut saya hanya kurang rapi tidak seperti memu yang rapi.

Nox app players ini menggunakan grafik yang sangat baik dan kompatibel yang baik. Tidak salah jika performanya memang agak berat. Nox app Players bisa di unduh secara gratis. Tersedia juga untuk versi Mac.

AMIDuOS

Amiduos merupakan emulator yang terbaik untuk Microsoft Windows. Tampilan, fitur dan keasliannya seperti menjalankan Android dalam PC layaknya seperti dualboot. Setidaknya hampir semua aplikasi android yang tersedia di playstore dapat di jalankan dengan amiduos.

Bagi yang laptopnya bisa untuk layar sentuh, amiduos juga memiliki fitur untuk layar sentuh yang sempurna. Performanya cukup baik untuk dijalankan. Amiduos ini merupakan emulator berbayar, tidak salah kalau emulator ini sangat baik.

Harga amiduos untuk versi jellybean sebesar 10 dolar atau sekitar 130 ribu dan untuk versi Lollipop sebesar 15 dolar atau sekitar 190 ribu. Tetapi anda bisa mencobanya dengan versi trial.

Link download langsung dari situsnya agar selalu update.

Jika ingin mendapatkan performa yang optimal pada emulator, maka harus memakai spesifikasi yang di rekomendasikan / sarankan atau yang lebih tinggi. Unuk yang memiliki spesifikasi low bisa menggunakan memu, untuk yang mid-end bisa bluestack atau nox, dan bagi yang high bisa mencoba Remix OS Player. Jika tidak memungkinkan bisa setting sendiri emulatornya dengan resolusi yang minim.

Dari kesimpulan emulator di atas jika ingin mendapatkan kestabilan dan kompatibilitas yang baik maka spesifikasi hardwarenya pun juga tinggi. Bagi yang menggunakan laptop dengan menjalankan Emulator bisa menyebabkan boros baterai, saya sarankan untuk pakai komputer. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran bisa berkomentar.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus