Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk atau DVD

Cara mennginstall Windows 10 itu mudah. Mungkin jika baru pertama kali (pemula) mencoba akan terasa masih ragu-ragu. Dan di sini akan membahas tutorial install Windows 10. Dengan begitu akan terasa lebih tenang. Jika sudah pernah mencoba atau menguasai akan terasa sangat mudah. Di sini saya akan menggunakan media instalasi flashdisk. Jika ingin menggunakan DVD nantinya tinggal atur settingan biosnya.

Persiapan sebelum install windows 10

  • Pindahkan data yang penting yang berada di dalam disk C (system) yang digunakan untuk ruang instalasi ke dalam disk lain.
  • Membuat media instalasi windows 10. Baca: Cara Membuat Bootable Installer Windows 7 8 10 di Flashdisk
  • Pastikan hafal letak disk C system untuk instalasi, jika perlu beri nama pada disknya. Ini agar tidak kebingungan saat proses pemilihan tempat instalasi.

Saya di sini menggunakan windows 10 asli dari microsoft jika ada perbedaan dengan yang tidak asli itu wajar. Setelah semua sudah siap selanjutnya adalah.

Cara Memasang Windows 10

  1. Restart / nyalakan komputer atau laptop. Pada saat startup screen akan terdapat fungsi key di bagian bawah setiap perangkat akan berbeda beda, seperti del, F2, F12 dan lainnya. Tekan fungsi key yang digunakan untuk masuk ke bios. Setelah itu setting first boot dengan usb flashdisk. Atau bisa menggunakan boot menu (jika ada) kalau tidak lewat bios. Lebih lengkap dan jelasnya bisa lihat user manual (buku panduan) pada mainboard masing-masing.
  2. Sekarang ketika booting akan ada instruksi Press any key to boot from ........ langsung tekan tombol keybord sembarang untuk lanjut. Kalau telat, bootnya tidak jalan.
  3. Setelah itu akan menuju booting, lalu ke setup instalasi windows 10. Di setup instalasi akan mengatur bahasa, waktu dan dan keyboard. Sesuaikan dengan gambar di bawah. Lalu next.
  4. KLik Install now untuk mulai instalasi.
  5. Maka akan dimasukkan produk key. Klik Skip atau I don't have a product key.
  6. Pilih versi windows 10 yang akan di install. Saya rekomendasikan pilih yang umum yaitu versi pro. Kemudian klik Next.
  7. Centang I accept the license terms. Kemudian klik next.
  8. Pilih Custom: install windows only (Advanced). Kalau memilih upgrade maka untuk upgrade windows sebelumnya. Kalau saya sarankan pilih install, karena keadaan windows nanti akan fresh seperti baru.
  9. Pilih disk c system yang tadi, jangan sampe keliru. Dan klik delete atau format. Setelah terformat baru klik next.
  10. Tinggal menunggu proses instalasi windows 10. Lamanya proses tergantung pada spesifikasi komputernya. Kurang lebih sekitar 10 menit.
  11. Jika sudah selesai sistem akan merestart dalam 10 detik. Jika setting boot awal dengan flashdisk di bios maka kembalikan bios seperti semula (boot pertama dengan hardisk), supaya tidak boot install windows lagi.
  12. Tunggu booting persiapan sistem, setelah itu setting windows. Pilih saja Use Express setting (windows akan tersetting secara default) biar mudah.
  13. Masukkan Nama (User name), untuk passwordnya terserah di kasih atau gak. Setelah itu klik Next.
  14. Penggunaan cortana, pilih Not now dan tunggu sebentar. Cortana fungsinya memerintah komputer dengan menggunakan ucapan (bahasa inggris).
  15. Sekarang windows 10 sudah siap di gunakan. Tapi jangan lupa untuk aktivasi nantinya.

Itulah cara install windows 10. Semoga tutorial ini dapat berguna dan bermanfaat, jika ada masalah bisa bertanya. Sekian dari saya jika ada kekurangan di tutorial ini saya mohon maaf.

Komentar
Disqus