Uji dan Cek Kecepatan Loading Blog atau Situs Web

Hal yang perlu Anda ketahui pada sebuah blog adalah kecepatan loading blog tersebut, jika blog memiliki kecepatan loading yang lambat dirasa akan mengecewakan pengunjung suatu blog itu sendiri. Itulah mengapa kecepatan merupakan hal yang penting. Dan perlu diketahui kemampuan loading blog juga termasuk dalam kategori seo yang dapat mempengaruhi posisi peringkat dalam mesin pencari.

Blog yang memiliki loading yang cepat dan ringan akan lebih disukai pengunjung. Termasuk juga mesin pencari yang lebih menyukai blog seperti itu. Dan di sini saya akan berbagi cara untuk mengecek / mengetahui kecepatan loading suatu blog dengan 2 cara / metode yaitu menggunakan situs PageSpeed Insights dan GTmetrix yang merupakan situs populer untuk menguji kecepatan situs web. Dan saya sering menggunakan 2 situs itu untuk cek dan uji kecepatan loading sebuah situs web.

Tes Kecepatan Website

PageSpeed Insights

PageSpeed Insights menggunakan 2 jenis pengujian:

  1. Kecepatan situs dekstop.
  2. Kecepatan situs seluler / mobile.

Kecepatan yang di tampilkan berdasarkan nilai 1 sampai 100. Semakin tinggi nilai maka akan semakin baik di mata mesin pencari. Setidaknya untuk kecepatan yang baik menunjukkan nilai antara 85 sampai 100. Untuk bagian sumber daya dan gambar yang dapat menghambat blog akan ditampilkan dalam tabel. Khusus untuk versi seluler juga terdapat pemeriksaan pengalaman pengguna, fungsinya untuk kenyamanan tampilan blog, seperti: Atur ukuran konten terhadap area pandang, Gunakan ukuran font yang mudah dibaca dan lain-lain.

Tool PageSpeed Insights dari Google ini sangat penting karena dapat mempengaruhi index dan peringkat sebuah website. Jika situs lambat pada hasil penelusuran akan muncul kata "lambat dimuat" di bawah judul, dalam bahasa Inggrisnya "slow to load". Biasanya kata tersebut muncul pada penelusuran jenis mobile Smartphone dengan koneksi lambat.

Menggunakan PageSpeed Insights

  1. Masuk ke PageSpeed Insights.
  2. Masukkan url laman web dan klik analisis.
  3. Hasilnya akan seperti ini.

GTMetrix

GTMetrix ini dapat mengecek blog dengan detail yang luas. GTMetrik dapat mengukur performa website berdasarkan PageSpeed and YSlow dengan detail, kalau saya patokan utamanya adalah PageSpeed. Dapat cek waktu loading, ukuran total data yang di unduh, dan menentukan seluruh permintaan yang terdapat pada website. Anda dapat melihat detail requests / permintaan dalam menu waterfall, di situ akan ditampilkan data requests dengan lengkap dalam bentuk chart. GTMetrix memiki fitur untuk compare. Fungsi fitur ini untuk membandingkan antara website satu dengan yang lainnya. Masih banyak lagi fitur-fitur yang lain bisa Cek fitur lainnya (lengkap) https://gtmetrix.com/features.html.

Untuk menggunakan fitur tertentu maka harus mendaftar terlebih dahulu. Dan untuk fitur khusus harus menggunakan versi pro (berbayar) yang bermacam-macam jenisnya. Tetapi dirasa versi pro tidak terlalu penting, maka tidak perlu sampai menggunakan versi pro.

Menggunakan GTmetrik

  1. Kunjungi situs https://gtmetrix.com.
  2. Masukkan url laman web dan klik analize.
  3. Hasilnya seperti ini.

Gambar di atas adalah screenshoot setelah mendaftar.

Mendaftar di gtmetrik

  1. Klik sign up pada bagian pojok kanan atas.
  2. Isi data dan klik Create an account.
  3. Pendaftaran sudah selesai.

PenutupKecepatan sebuah blog itu tergantung oleh server dan template yang digunakan. Maka saran saya gunakan saja template yang ringan, jangan pakai domain gratisan, dan gunakanlah sumber daya yang perlu saja.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus