Manfaat Https pada Blog dan Tips utnuk Memaksimalkannya

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre) adalah sistem http (Hypertext Transfer Protocol) yang memiliki kesamaan, tetapi menggunakan SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security).

Ssl ini berfungsi untuk keamanan (secure) suatu website. Sistem pada https menggunakan autentifikasi dan memiliki komunikasi yang tersandi. Dengan maksud data yang dikirim dan yang diterima tetap terjaga dengan aman. Umumnya port yang digunakan https adalah 443, dan Url https pasti di awali dengan https:// bukan http://. Https sering digunakan di situs-situs banking, e-comercial, dan situs lainnya yang sifat datanya rahasia.

Keamanan pada Https

Https memiliki 3 keamanan yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

Autentikasi Server

Antara client dan server memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang terhubung dengan server aplikasi yang sesungguhnya.

Kerahasiaan Data

Data yang telah dikirim dan diterima sangat rahasia karena data tersebut memiliki sandi atau enkripsi. Dengan begitu data sulit untuk dicuri (di unduh) oleh orang lain.

Integritas Data

Penyerang / h*ker tidak dapat dan kesulitan untuk melihat, mencuri, mengubah bahkan merusak Isi dari data penting. Jikalau bisa maka website dengan https kemungkinan dapat mendeteksi penyerang yang mencoba untuk melihat data yang dikirim dari server ke client atau sebaliknya. Tapi Untuk mereka yang sudah master saya tidak tahu.

Kelebihan HTTPS Untuk Sebuah Blog

Blog yang menggunakan fitur https diantaranya memiliki keuntungan yang diantaranya.

Blog menjadi lebih SEO

Blog dengan https terbukti dapat meningkatkan pagerank di mesin pencari, maka dengan demikian https juga termasuk faktor seo. Dalam blog resmi webmasters mengumumkan bahwa blog https menjadi default yang digunakan untuk index. Maksudnya mesin pencari akan lebih dulu melakukan index terhadap https dari pada http, yang seperti ketika kedua url dari domain yang sama memiliki konten yang sama.

Https bisa dibilang lebih Seo dan di index terlebih dulu, jika memiliki kondisi seperti berikut.

  1. Tidak mengandung dependensi yang tidak aman.
  2. Tidak memblokir crawling dengan robot.txt.
  3. Tidak mengarahkan pengunjung ke atau dari sebuah halaman HTTP yang tidak aman.
  4. Tidak memiliki sebuah link rel=”canonical” ke halaman HTTP.
  5. Tidak memiliki on-host outlink ke URL HTTP.
  6. Sitemap memiliki daftar URL HTTPS atau tidak terdapat daftar versi HTTP.
  7. Server memiliki sertifikat TLS valid.
  8. Kondisi pertama adalah salah satu yang besar, bahwa halaman tidak termasuk “dependensi tidak aman”.

Meningkatkan kepercayaan pengguna

Pengunjung benar-benar sedang mengakses situs dapat dipercaya dalam artian tidak dialihkan ke situs yang berbahaya seperti situs yang mengandung virus atau situs lainnya yang membahayakan.

Blog https lebih aman

Sudah dijelaskan di atas bahwa https itu lebih aman. Dengan begitu blogger dengan pengunjung tidak perlu khawatir, karena data sudah aman. Data yang dikirim dan diterima tidak diketahui orang lain.

Saya menggunakan akses internet menggunakan speedy Indihome, tapi saat membuka sebuah blog di bawahnya ada iklan dari Speedy. Setelah saya lihat ternyata blognya terdapat script milik Speedy pada elements body tepatnya di atas </body>. Dengan ini mungkin pihak Speedy bisa mengetahui situs yang di buka oleh pelanggan. Dan setelah saya telusuri ada yang berbeda dengan blog yang Https milik saya di mana blog https ini tidak ada scriptnya, ternyata blog https dilindungi dari script Speedy.

Cara mengaktifkan https di blogspot

Bagi pengguna blogger.com bisa mengaktifkan fitur https. Caranya sangat mudah dan tidak perlu menggunakan script.

1. Masuk ke akun blogger.

2. Masuk ke menu setelan kemudian pilih dasar.

3. Pada bagian pengalihan https pilih "Ya".

Sekarang blogger sudah mengukung https untuk Custom Domain.

Cara Optimalkan Fitur HTTPS

Untuk menggunakan https aturlah template agar semua sumber daya tersebut diharuskan juga menggunakan https agar blog bisa lebih optimal. Blogger memberikan peringatan pada notifikasi editor template sumber daya harus juga menggunakan https, sama seperti yang sudah dijelaskan. Cara memaksimalkan fitur https di blog.

Sumber javascript dan css harus menggunakan https

Periksa template cari http:// lalu ganti semua kode tersebut dengan https:// dan jangan lupa setelah kode tersebut diganti apakah link tetap bisa diakses. Jika tidak bisa lebih baik gunakan saja sumber daya yang lain.

Sumber gambar dan video harus menggunakan https

Tidak hanya mengatur di templatenya saja. Akan tetapi jangan lupa pula untuk media gambar dan video dalam blog dan pos juga harus mendukung https.

Jangan lupa juga pada bagian widget juga harus menggunakan https seperti radom post, related post, dan lainnya.

Jangan lupa jika di bagian sitemap yang harus menggunakan https. Untuk yang sitemapnya belum support https lebih baik jangan melakukan submit di webmaster. Agar tidak menurunkan reputasi blog di mesin pencari. Update! Sitemap blogger support https, ya sekarang sitemap blogger sudah support https.

Apakah yang terjadi jika di biarkan?

Jika sumber daya blog masih menggunakan http dan dibiarkan saja maka blog dengan https tidak akan bekerja dengan baik. Yang dampaknya bisa menyebabkan error ketika web mengunduh html melalui https, dan blog https tidak dianggap seo oleh mesin pencari. Ini akan menurunkan keamanan https dan juga pengalaman pengunjung blog.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus