Cara Menghapus Folder Windows.old Mudah dan Benar

Apa itu folder windows old? Apakah kalian menemukan folder Windows old dalam partisi System (C:), yang berukuran besar. Folder tersebut akan muncul setelah melakukan Upgrade atau ReInstall Windows tanpa memformat disknya terlebih dulu. Dalam Folder tersebut berisi file data dari Windows versi sebelumnya.

Fungsi folder Windows old adalah untuk melakukan restore (kembali) ke Windows versi sebelumnya, jika ada kendala masalah dalam Windows yang baru di install. Tapi bagi yang tidak mengalami kendala masalah setelah proses upgrade, maka bisa menghapus folder tersebut. Apakah boleh menghapus folder tersebut! Tentu saja boleh.

Untuk cara menghapusnya sebaiknya menggunakan cara yang benar. Disini akan menjelaskan cara menghapusnya. Untuk contoh tutorial ini saya akan menghapus Windows old dari Windows 10 yang muncul setelah melakukan fresh Windows 10.

Hapus Windows old
  1. Pertama buka Disk Clean-up caranya buka Start, kemudian ketikkan "Disk Clean-up" lalu pilih Disk Clean-upatau buka Run ( keyboard: Tombol Win + R ) dan ketikkan cleanmgr lalu enter atau ok. Contoh gambar dengan Run.
  2. Select / pilih drive C (System). Lalu klik Ok. lalu tunggu proses scaning data selesai.
  3. Akan muncul jendela baru "Disk Clean-up for System (C:)". Untuk membukanya dengan mode Administrator klik "Clean up system files". Agar pilihan previous windows installation muncul dan bisa menghapus data windows.old.
  4. Maka akan muncul lagi seperti langkah no 2. Klik Ok.
  5. Kemudian centang previous windows installation(s) dan data yang ingin di hapus, seperti Temporary files, Thumbnails dan lainnya. Bisa juga centang semuanya. Kemudian klik Ok.
  6. Selanjutnya akan mucul pemberitahuan seperti pada gambar di atas yang bahasa indonesianya "Apakah Anda yakin Anda ingin menghapus file-file ini secara permanen". Klik Delete Files untuk menghapus file yang telah di pilih tadi.
  7. Tunggu proses penghapusan File-file selesai, prosesnya kurang lebih sekitar 10 menit.

Jika folder dari windows.old belum terhapus setidaknya file dalam folder tersebut sudah terhapus dan ukuran foldernya juga kecil. Kalau ingin menghapusnya boleh saja.

Itulah cara untuk menghapus windows old. Jika ada permasalahan bisa tanya lewat komentar.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus