Cara Mengatasi Night Light Windows 10 Error Tidak Berfungsi

Bagi pengguna windows 10 Creators update pastinya tidak asing lagi dengan fitur night light atau Night Mode. Yang salah satu kegunaannya adalah untuk filter layar dari pancaran cahaya biru atau blue light.

Di Creators update fitur night light sudah diaktifkan secara default. Tapi ada kemungkinan fitur Night Light bermasalah, yaitu not working atau tidak bekerja. Seperti yang saya alami, sebenarnya setelah melakukan install windows 10 Creators update fiturnya bisa berfungsi dengan normal. Tetapi setelah selang beberapa hari fiturnya tiba-tiba sudah tidak berfungsi. Walaupun fitur night light bisa menyala pada waktunya setelah melakukan sleep pada komputer dan setting masih tetap tidak bisa di ubah.

Saya mengiranya apa karena saya instal Creators updatenya dengan cara manual. Yang sebenarnya microsoft tidak menyarankan untuk menginstall windows 10 Creators update dengan cara manual. Dan seharusnya menunggu microsoft untuk merilis updatenya di windows update untuk perangkat itu. Tapi bagaimana lagi kalau sudah terlanjur.

Update
Cara ini tidak bisa di gunakan lagi pada fall Creators update. Sekarang bagi pengguna windows 10 April 2018 Update tidak mengalami masalah pada fitur night light.

Atau mungkin bisa saja karena windowsnya pakai yang gratis (tanpa bayar). Dari pengalaman begitu, mungkin saja itu benar. Dan untuk yang terakhir kali di fall Creators update, night light tidak berfungsi ketika belum aktivasi dan juga sesudahnya. Artinya bukan pakai windows yang gratis, tapi kemungkinan besar adalah hardware yang tidak cocok.

Night Light Windows 10 error / tidak berfungsi

Langkah Memperbaiki Night Light dengan edit Registry. Kalian bisa mengikuti langkah 1 sampai 3 untuk membuat filenya atau bisa unduh Fix-nightlight untuk melewati langkah-langkahnya.

1. Pertama buka Notepad bisa search di start menu.

2. Kemudian copy pastekan kode berikut.

Select All
Windows Registry Editor Version 5.00[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\CloudStore\Store\Cache\DefaultAccount\$$windows.data.bluelightreduction.bluelightreductionstate\Current]"Data"=hex:02,00,00,00,54,83,08,4a,03,ba,d2,01,00,00,00,00,43,42,01,00,10,00,\ d0,0a,02,c6,14,b8,8e,9d,d0,b4,c0,ae,e9,01,00

3. Kemudian simpan dengan nama yang berakhiran .REG ,Contoh: "Fix-nightlight.REG".

4. Selanjutnya buka file yang dibuat atau yang di uduh tadi. Maka akan muncul peringatan klik Yes dan Yes.

Sekarang fitur night light sudah berfungsi. Jika tidak menyala bisa matikan fiturnya lalu hidupkan. Sekarang bisa melakukan aktivitas dengan nyaman di depan layar.

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan boleh berkomentar. Dan jangan lupa share mungkin saja ada teman lain juga mengalami masalah yang sama.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus