Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 yang Berjalan Otomatis

Windows Update Assistant - Fitur automatic update (pembaruan otomatis) Windows 10 yang dimana pembaruan yang bekerja akan secara otomatis berjalan di belakang layar. Dalam artian tidak ada pemberitahuan saat Windows mengunduh pembaruan tersebut, dan tentu update akan menginstal secara otomatis.

Pihak Microsoft membuat fitur automatic update pada OS Windows 10 karena untuk menjalankan Os Windows 10 dengan lancar. Walaupun sebenarnya fitur ini bisa di defer atau di tunda sementara selama waktu 7 hari ke depan. Tapi ada pengguna yang memiliki data internet yang terbatas, sehingga terpaksa harus disable automatic update.

Contents

Cara Mematikan "Windows 10 Update Assistant" yang Berjalan Otomatis

Biasanya setelah mendownload tool Windows 10 upgrade dan membukanya, akan ada aplikasi baru yang terinstal yaitu Windows Update Assistant itu sendiri. Mungkin ketika di hapus atau di uninstall tidak mengatasi masalah (untuk menghentikannya). Artinya jalannya aplikasi pembaruan sistem initidak bisa dimatikan.

Di sini tidak membahas cara mematikannya, akan tetapi cara menghentikannya. Pertama buka folder program aplikasi tersebut terinstal dengan klik kanan "Windows 10 Update Assistant" yang ada di dekstop, lalu pilih "Open file location". Jika tidak ada di dekstop langsung saja menuju ke disk "C:\Windows10Upgrade".

Kemudian salin/copy/catat nama file itu, lalu hapus aplikasi yang dituju atau telah terpilih "Windows10UpgraderApp".

Sekarang buat aplikasi update palsu. Buka aplikasi "Notepad", bisa diketik di start menu. Lalu di notepad nanti terserah mau di isi atau gak, safe (tekan CTRL + S atau klik File > Safe).

Arahkan file simpanan ke mana terserah, lebih mudahnya dekstop aja, lalu pada Safe as type ganti "Text Documents (*.txt)" ke All Files. Beri nama file seperti file yang telah di copy/simpan tadi "Windows10UpgraderApp.exe" catatan dengan akhiran ".exe". Dan klik Safe.

Yang terakhir pindahkan file yang dibuat tadi ke tempat folder "C:\Windows10Upgrade".

Di atas tadi adalah cara untuk disable Windows Update Assistant. Dan aplikasi Assistant tersebut bisa mengaktifkan Windows update di menu setttings.

Untuk cara agar Windows update tidak berjalan (tidak mengunduh update lagi) di sini ada 2 cara yang mungkin bisa memilih sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kembali ke Konten ↑

Cara Menonaktifkan Update Windows 10 Sementara

Bagi kalian yang memiliki akses internet terbatas sementara (hanya beberapa hari) disarankan untuk mematikannya sementara. Windows akan otomatis menjalankan updatenya lagi jika sudah terlewat 7 hari. Dan kalian dapat menunda kembali detelah melakukan update terbaru. Caranya sebagai berikut .

1. Pertama buka Start menu. Kemudian klik icon roda bergerigi untuk membuka Pengaturan (Setting).

2. Pada Windows Settings. Pilih Kategory terakhir yaitu Update & security.

3. Pada bagian kiri sudah terpilih menu windows update. Lalu pada bilah kanan klik Advanced Options.

4. Scroll ke bawah dan tinggal nyalakan pause update.

Sekarang Update sudah di tunda dalam jangka waktu maksimal 7 hari. Setelah 7 hari Atau Pause updatenya dimatikan secara manual maka Update akan bejalan secara otomatis dan tidak bisa melakukan pause lagi. Untuk melakukan pause update lagi kalian harus melakukan update terbaru. Atau menunggu beberapa hari.

Kembali ke Konten ↑

Cara Menonaktifkan Update Windows 10 Permanen Sepenuhnya

Cara ini akan mematikan Windows update secara total. Jadi buat yang sangat tidak memungkinkan untuk dapat updating windows bisa menggunakan cara ini. Yang dimana service Windows update akan dimatikan dengan paksa.

1. Pertama buka Run dengan menekan tombol keyboard Windows + R. Atau bisa klik kanan pada Start menu kemudian pilih Run.

2. Ketikkan services.msc.

3. Kemudian akan muncul jendela Services. Maka akan terdapat banyak Services. Scrol kebawah, cari nama Windows Update. Setelah ketemu Klik 2 kali (Double Klik).

4. Akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Pada Startup type pilih Disabled. Fungsinya agar saat windows booting (menyalakan komputer) service windows update tidak akan bisa dimuat (berjalan).Dan pada Service status, klik Stop untuk menghentikan Windows Update yang berjalan (Runing). Jika windows tidak sedang update maka sevice status menandakan Stopped.Setelah itu klik Ok. Hasilnya ketika melakukan update akan error. Dan Ketika ingin melakukan update maka harus mengembalikan settingan ke semula.

Kembali ke Konten ↑

Pihak microsoft memberitahukan bahwa mereka tidak akan memaksa untuk mendownload update yang berukuran besar secara otomatis, seperti saat ada update ke Creators Update. Dan untuk seberapa besar updatenya belum ada pemberitahuan dari Microsoft.Untuk jangka waktu updatenya microsoft akan segera merilis update ketika ada fitur baru yang tersedia. Dan untuk memasang update yang terbaru akan memerlukan update-update sebelumnya. Ingat Microsoft menyarankan pengguna Windows 10 untuk rutin melakukan update.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus