Fitur Baru dan Terbaik Android O Oreo yang Keren & Smooth

Tidak lama Android Nougat diluncurkan dan belum banyak yang menggunakannya. Datang lagi Android O yaitu android versi 8 dengan nama Oreo, yang menghadirkan berbagai pembaruan, fitur baru, dan lainnya. Pada perilisannya tersedia pada smartphone Nexus dan Pixel. Sekarang akan membahas tentang fitur baru yang ada di Android O.

Beberapa Fitur Baru pada Android 8.0 Oreo

Selain dorongan kinerja umum yang akan mendukung aplikasi dan program terbaru, ada beberapa fitur dan tampilan tambahan baru. Dari kinerja hingga tampilan yang di buat lebih baik. Inilah 8 Fitur yang ada di Android O mendatang.

Autofill Framework

Jika mengisi akun login transaksi dengan manual akan memerlukan waktu dan rentan terhadap kesalahan pengetikan. Dengan Framework Autofill dapat menghemat penggunaan waktu. Autofill adalah fitur isi otomatis untuk mengisi data seperti akun, password, rekening, kartu kredit dan lainnya hanya tinggal memilih mana yang digunakan.

Fitur Autofill akan mengisi data sesuai dengan data yang disimpan. Framework Autofill mengelola berbagai aplikasi dan layanan untuk bisa melakukan pengisian data otomatis. Tentunya juga mendapatkan control pada Keamanan Data yang disimpan agar data tetap aman. Walau kelihatan sederhana tapi sangat bermanfaat.

Daya tahan baterai meningkat - Lebih Hemat Daya

Proses aplikasi yang tidak penting akan menguras konsumsi daya, seperti aplikasi yang terbuka namun tidak digunakan. Di Android O bertujuan untuk mencegahnya dengan mematikan proses tidak penting dan menjaga smartphone tetap dalam keadaan penggunaan daya yang minimal dalam keadaan telepon, bermain, atau streaming dan lainnya. Apalagi dalam keadaan smartphone tidak digunakan.

Nantinya akan ada sistem antivirus yang mengelola aplikasi dan menjalankan laporan mengenai kinerja system. Jika aplikasi yang tidak diinginkan sedang berjalan, sistem keamanan akan mengeluarkan peringatan tutup aplikasi untuk menghemat baterai. Bisa di bilang canggih.

Icon dan Notifikasi yang Menarik

Android O telah dirancang ulang dalam hal Notifikasi (pemberitahuan). Supaya lebih mudah dalam mengatur perilaku (jalannya) dan setelan dari pemberitahuan aplikasi. Kalian dapat menggunakan fitur seperti mengatur icon, menunda, mengatur tampilan, mengtur waktu untuk Notifikasi yang muncul. Kalian dapat juga dapat menandai warna pada pesan yang dianggap pribadi atau penting.

Untuk ikonnya Android O menggunakan Icon Adaptive yang memiliki efek pada iconnya dan juga dapat menampilkan berbagai bentuk di berbagai model perangkat. Jadi di setiap perangkat bisa menampilakn bentuk icon yang berbeda.

Wi-Fi aware

Fitur Wi-Fi Aware yang di Android O nanti juga bisa menemukan dan menghubungkan ke perangkat lain menggunakan jaringan wifi, bisa juga membuat jaringan berkelompok. Wi-Fi Aware bisa share file sama seperti Bluetooth, cara kerjanya sama seperti aplikasi untuk mengirim file menggunakan jaringan wifi.

Kemampuan lainnya juga dapat memutar musik, menampilkan foto atau video di perangkat lain. Fitur ini mendukung tingkat pengiriman data yang lebih jauh dari pada bluetooth.

Boot Lebih Cepat

Android O membawa runtime dan pengoptimalan lainnya dalam platform (System) yang menghasilkan sejumlah peningkatan kinerja. Pengoptimalan yang dimaksud meliputi pengumpulan sampah sekaligus pemadatan, penggunaan memori yang lebih efisien, dan lokalitas kode.

Optimalisasi seperti ini bisa menghasilkan waktu boot yang 2x lebih cepat, serta kinerja yang lebih baik dalam sistem dan aplikasi.

Google Play Protect

Bekerja agar perangkat dan data tetap aman dari aplikasi yang mengganggu. Google melakukan pemindaian lebih dari 50 miliar per hari. Google Play Protect akan mengecek aplikasi secara otomatis, bisa juga mengecek sendiri secara manual. Tentunya google telah menguji semua aplikasi di Play Store (google play) untuk memastikan keamannnya. Proteksi yang jauh lebih baik.

Pengaturan Cepat

Perubahan lain yang lebih simple, minimalis, dan smooth yaitu Quick setting, yang diatur supaya lebih mudah dalam penggunaannya. Kalian bisa lihat seperti apa tampilannya lihat di Youtube.

Perbaikan dari Kerusakan

Fitur baru dengan nama Rescue Party, yang bisa menganalisis kerusakan serius pada android seperti bootloop. Dan juga bisa memperbaiki kerusakan yang sedang didialami secara otomatis. Tapi jika dalam proses perbaikan gagal, Rescue Party akan mereboot perangkat masuk ke mode recovery dan meminta pengguna untuk melakukan reset pabrik sebagai upaya terakhir.

Picture In Picture (PIP)

Fitur yang sudah ada pada youtube. Itu sangat berguna seperti saat sedang membuka video bisa membalas pesan sms, whatsapp, maupun browsing dan lainnya sebagainya dengan mudah.

Multi-Window

Multitasking yang baik untuk permudah mengelola 2 aplikasi sekaligus yaitu dengan membagi layar menjadi 2 yang dimana sebagian membuka aplikasi dan sebagian lagi membuka aplikasi yang lain.

Fitur Canggih Android O Oreo Lainnya

Kualitas Audio lebih baik, AnimatorSet mengatur Animasi Starting Android O, Downloadable Fonts mengganti tampilan font, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah beberapa pilihan fitur menarik yang ditanamkan dalam Android Oreo. Rilis pertama yang menggunakan tentunya adalah smartphone google, dan untuk smartphone lainnya akan membutuhkan waktu. Sekian dari saya jika ada yang kurang silakan komentar 😃.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus