Command Prompt pada Taskbar dan Context Menu Windows 10

Bagi pengguna Windows 10 yang sering buka cmd pasti tahu kalau CMD (Command Prompt) sudah di ganti dengan Windows PowerShell. Tapi bukan berarti cmd di hapus di Windows 10 atau bukan CMD yang di matikan di Windows 10 dan harus diaktifkankan ketika di gumakan.

Windows PowerShell dibuat berdasarkan .NET Framework dengan penggunaan yang lebih canggih dan lebih luas dari Command Prompt. PowerShell biasanya digunakan oleh para profesional dalam mengontrol dan mengotomatisasi system administrator Windows maupun aplikasi Windows.

Letak Cara membuka Command Prompt di windows 10

  1. Dengan mencarinya: Klik start dan ketik CMD.
  2. Dengan Run: Buka Run (Win + R) kemudian Ketik cmd dan tekan enter.

Kalian bisa lebih mudah membukannya melalui taskbar. Pada tampilan Taskbar (Win + X) yang pilihan Command Prompt sudah berganti dengan Windows PowerShell. Dan itu bisa diganti, untuk menggantinya kalian hanya perlu mengaturnya (mematikan fiturnya) pada Windows Setting.

Mengganti Windows PowerShell dengan Command Prompt di Taskbar

=> Pertama buka menu Settings (Startmenu > Setting (roda bergerigi)).=> Selanjutnya pilih Personalisation, Dan pilih Taskbar.

=> Setelah itu Matikan Opsi Replace Command Prompt with Windows PowerShell.

Dengan ini sekarang Windows PowerShell di taskbar sudah diganti dengan Command Prompt .

Command Prompt di Context menu (Shift + klik kanan)

Sekarang untuk yang sering Otak-atik sesuatu yang menggunakan Command Prompt di Context menu (Shift + klik kanan). Hampir semua digantikan dengan Windows PowerShell termasuk juga di Context menu, Microsoft menjadikan default PowerShell mulai dari windows 10 build 14986. Yang artinya Command Prompt sudah di hapus di context menu dan di ganti dengn PowerShell.Disini akan menjelaskan cara menambahkan Command Prompt di Context menu dengan tweak registry, bukan menggantinya. Berikut tutorialnya.

1. Biar lebih mudah tutorialnya kalian downlod dulu filenya command prompt context menu dan tidak perlu tutorial membuatnya.

2. Selanjutnya Extract File yang di download tadi. Akan ada 2 file registry, buka file Add Command Prompt untuk menambahkan Command Prompt di Context menu. akan ada peringatan klik yes.

Jika ingin Mengembalikan / menghapusnya pada Context menu gunakan file Remove Command Prompt.

Sekian, itulah tutorial dari saya semoga bermanfat dan dapat memudahkan kalian. Jika ada teman yang sering membuka Command Prompt jangan lupa untuk share ke temennya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus