Controlled Folder Access - Fitur Pengaman Data di Windows 10

Windows 10 Fall Creators Update (Redstone 3) adalah lanjutan dari Creators Update. Yang sudah dirilis pada tanggal 17 Oktober 2017 lalu. Dan juga membawa peningkatan dan tambahnya fitur dan design yang baru salah satu dari fiturnya adalah Controlled folder access. Mari ketahui, Apa itu Fitur Controlled folder access.

Controlled Folder Access

Controlled folder access adalah fitur untuk mengontrol akses dalam folder folder tertentu. Gunanya untuk melindungi data-data file yang penting dari aplikasi dan ancaman berbahaya, seperti virus ransomware. Fitur ini terdapat pada Windows Defender Antivirus, yang sudah diperkenalkan pada Windows 10 Insider Preview Build 16232.

Bagi penngguna insider yang sudah update bisa mengaktifkan Fitur ini, dengan buka start menu lalu cari dan buka Windows Defender Security Center. Untuk mengaktifkan fitur ini, cari dan buka Windows Defender Security Center Lalu ke Virus & threat protection settings Kemudian aktifkan "On" fiturnya pada area Controlled folder access.

Controlled folder access selalu memonitor perubahan yang dilakukan aplikasi ke file dalam folder tertentu yang dilindungi. Jika ada aplikasi yang tidak diberi izin dan ingin melakukan perubahan pada file-file yang dilindungi, maka aplikasi tersebut masuk daftar hitam (berbahaya) oleh fitur ini. Dan akan ada pemberitahuan tentang aplikasi daftar hitam tersebut.

Kalian juga bisa menmbahkan folder yang ingin di lindungi, dan juga menambahkan aplikasi yang diizinkan untuk mengakses ke folder tersebut.

Cara mengizinkan Aplikasi tertentu

Di Windows Defender Security Center pada area Controlled folder access Klik Allow an app through Controlled folder access Lalu klik Add an allowed app lalu cari dan tambahkan aplikasi yang ingin Anda izinkan.

Mengizinkan aplikasi dapat berguna jika Anda aplikasi tertentu yang diblokir oleh fitur Controlled folder access.

Cara menambahkan Folder tertentu

Kalian bisa menambahkan folder lain (bukan Windows libraries) ke daftar folder yang dilindungi. Kalian tidak dapat mengubah daftar folder default (Windows libraries), yaitu seperti folder Documents, Pictures, Movies, dan Desktop.

Klik Protected folders di area Controlled folder access lalu pilih path folder yang ingin dilindungi. Anda juga dapat memasukkan network shares dan drives.

Itulah kutipan tentang fitur Controlled folder access pada Windows 10 Fall Creators Update. Semoga nanti dengan ini data-data penting seperti dokument menjadi lebih aman.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus