Aplikasi File Manager Pengelola Berkas Terbaik di Android

Umumnya pada semua android pasti disediakan aplikasi bawaan yang salah satunya adalah file manager yang berfungsi untuk mengelola file berkas yang ada pada memori internal maupun external, tapi fungsi utamanya hanya bisa untuk memindahkan, menyalin, menghapus, dan membuka file berkas. Bagian kalian yang ingin mengelolanya lebih luas lagi, bisa menggunakan aplikasi pengelola berkas lain yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat banyak.

Beberapa di antaranya merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk kalian yang sudah mempunyai akses ROOT dan suka Oprek android, seperti halnya mengelola file dalam system android entah itu mengubah, menghapus atau menambahkannya. Aplikasi ini bisa di download gratis, untuk yang bagus pasti akan ada iklannya, memang aplikasi gratis kebanyakan pasti terdapat iklan.

5 Aplikasi File Manager Terbaik

Es File Manager

Aplikasi Es file manager sangat populer, terbaik #1 dan banyak yang mendownloadnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi favorit saya, karena mempunyai banyak fungsi dan manfaat ketika mengelola file berkas. Biasanya saya menggunakan untuk berbagai hal seperti: menganalisis memory yang hampir penuh dan menghapus data tidak penting, mengirim file dari Android ke PC menggunakan jaringan LAN, mengekstrak file Zip/RAR, dan Kegunaan yang lain-lainnya.

Fitur lainnya seperti membackup aplikasi, mengelompokkan jenis file, mengelola jaringan, dan masih banyak lagi. Mungkin sudah sangat lengkap. Ditambah lagi aplikasi ini sudah mendukung bahasa Indonesia, jadi jika android menggunakan bahasa Indonesia aplikasi ini bernama ES Penjelajah File.

Dalam versi gratis aplikasi ini terdapat iklannya, tapi untuk versi pro disediakan fitur yang lebih.

ES Pengelola Berkas

Manager File

Aplikasi milik Asus, untuk menggunakannya tidak harus dengan smartphone Asus. Tapi bisa juga untuk smartphone lainnya selain Asus. Aplikai manager file ini memiliki tampilan yang menarik, clasik dan nyaman dilihat, juga terdapat pula mode gelap jika ingin menggunakannya.

Untuk penggunaannya kalian bisa mengelola file seperti biasa, dan dipermudah lagi dengan mengategorikan/mengelompokkan sesuai dengan jenis file. Dengan tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan aplikasi ini juga populer dan banyak yang mendownloadnya. Aplikasi ini bersifat gratis dan tidak terdapat iklan didalamnya.

File Manager

Explorer

Sebuah aplikasi favorit bagi pengguna root android yang biasanya digunakan untuk tutorial dalam android yang berhubungan dengan file data, seperti beberapa tutorial untuk mengubah, memindah, dan menghapus file dalam system yang kebanyakan menggunakan aplikasi Root Explorer. Karena aplikasi ini simpel, smooth, ringan, dan mudah digunakan. Sehingga mudah dalam penjelasan tutorialnya.

Fitur-fitur lainnya yang sering digunakan dalam berbagai tutorial adalah mengekstrak file, mengatur/mengelola file, dan multi tab.

Explorer

Total Commander

Aplikasi yang memiliki ukuran yang kecil (1.5 MB), tapi memiliki fitur yang cukup lengkap, lumayan dan tentunya berkualitas. Dalam bentuk tampilan bagi saya terlihat kurang menarik. Dengan ukuran yang kecil pasti akan ringan ketika dijalankan dan bisa juga menggunakan akses root. Aplikasi ini tidak berbayar dan tidak terdapat iklan.

Total Commander

Tetra Filer

Tambahan... Aplikasi pengelola file yang ukurannya sangat kecil (400 KB). Pastinya aplikasi Tetra filer sangat ringan dan cepat ketika dijalankan. Tentunya juga memiliki fitur yang terbatas, tapi bisa juga untuk kompress dan extract file ZIP saja. Tampilannya sangat simple, minimalis, dan mudah untuk dipahami/digunakan. Sangat cocok untuk smartphone yang Spec rendah. Dilengkapi juga dengan fitur thumbnail view (gambar, movie dan apk).

Tetra Filer Free

Baca Juga: Files Go - Aplikasi Pembersih Dari GoogleItulah beberapa aplikasi penjelajah file atau pengelola berkas pada android yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya masing-masing. Walaupun gratis tapi sangat berguna, jika ingin menggunakan fitur lebih ada juga yang disediakan versi premiunnya (berbayar). Sekian dari saya semoga ini bisa bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus