Project Fi - Layanan Operator Baru dari Google, Apa Kelebihannya

Apa itu Project Fi dan apa saja Kelebihannya? Jika Anda penggemar Android, mungkin sudah pernah tau dengan kata Project Fi. Yaitu sebuah Layanan Seluler yang datang sejak 22 april 2015. Yang sekarang layanan ini sudah tersedia di amerika. Lalu apakah Project Fi akan datang ke indonesia juga? Tentu nantinya Project Fi akan merambah ke indonesia. Seperti apakah layanan Project fi ini? mari pelajari lebih lanjut tentang layanan Project Fi.

Apa itu Project Fi?

Project Fi adalah sebuah operator telepon modern yang ditawarkan oleh Google. Project Fi menggunakan koneksi Wi-Fi dan jaringan seluler yang bisa untuk melakukan panggilan, mengirim pesan dan data internet kapan pun tersedia di berbagai tempat dengan akses yang cepat dan berkualitas tinggi.

Tentunya layanan ini tidak disediakan secara gratis. Pengguna harus membayar untuk menggunakan layanan google ini. Project Fi merupakan operator "prabayar", yang artinya membayar lebih dulu dan selanjutnya dapat menggunakan layanannya.

Bagaimana Cara Kerja Project Fi?

Project Fi bekerja dengan kartu SIM khusus dan tidak perlu menandatangani kontrak untuk mendapat layanan tersebut, melainkan hanya membawa smartphone saja.

Project Fi memungkinkan smartphone terhubung ke salah satu dari jaringan 3G atau 4G LTE atau Wi-Fi, jaringan yang di utamakan adalah jaringan wi-fi dan tergantung pada kecepatan dan kekuatan sinyal. Jadi jika tidak ada jaringan wifi akan dialihkan dengan jaringan 3G atau LTE.

Ketika pengguna menggunakan koneksi wi-fi dan saat itu pengguna berpindah lokasi lain. Disaat koneksi wi-fi melemah dan tidak ada jangkauan wi-fi lain maka secara otomatis smartphone akan beralih ke jaringan yang lebih kuat/optimal lainnya (LTE atau 3G) tanpa mengganggu layanan tersebut. Jadi ketika melakukan panggilan, maka panggilan itu tidak akan terputus ketika pengalihan.

Terkait Harga Tarif Project Fi?

Untuk menggunakan panggilan dan kirim pesan tak terbatas (Unlimited) selama sebulan, tarif hanya $20.

Penggunaan data sebesar 1GB, tarif hanya $10. Jika 2GB maka tarif biayanya sebesar $20. Ketika data yang di beli masih tersisa maka akan dikembalikan data tersebut dalam bentuk saldo. Ilustrasinya ketika membeli data 3GB maka membayar $30 tapi penggunnnya hanya sebesar 1.4GB maka yang 1.6GB lagi dikemblikan dengan harga sisa data tersebut yaitu sebesar $16.

Disedikan juga paket grup yang memungkinkan untuk menggunakan paket dengan maksimal 6 pengguna per grup. Dan 1 pengguna bertugas untuk mengelola (Admin) grup dan membayar paket grup, dan bagi pengguna lain akan membayar ke admin sesuai dengan data yang digunakan. Dilengkapi juga fitur untuk mengetahui aktivitas dari pengguna lain dan mengetahui data yang digunakan serta biaya yang harus dibayar.

Project Fi di Indonesia

Nantinya Proyek Fi juga bekerja secara internasional di 135 negara di seluruh dunia (termasuk Indonesia). Memang untuk saat ini di indonesia dan beberapa negara lain masih belum tersedia. Jadi tunggu saja perjalannya sampai ke indonesia.

Smartphone Project Fi

Karena menggunakan kartu sim khusus jadi hanya smartphone tertentu yang mendukung Project Fi yang tentunya smartphone milik google, diantaranya Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel and Pixel XL.

Website resmi Project Fi adalah fi.google.com.

KesimpulanPasti layanan dari google ini akan membuat operator lain semakin resah. Kalau menurut saya tarifnya masih tergolong mahal, semoga aja nanti setelahnya tidak semahal itu. Itulah beberapa informasi tentang layanan Project Fi. Lalu bagaimana menurut kalian.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus