Tips Download dan Install Software yang Aman Bagi Pemula

Bagi pengguna komputer hampir semuanya pernah mendownload dan menginstall Perangkat Lunak yang biasa disebut dengan Software. Biasanya untuk orang awam, tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan, terutama bagi pemula. Tujuan dari tips ini adalah untuk mengamankan komputer atau laptop dari hal-hal yang mengganggu dan berbahaya.

Tidak semua software yang ada di internet itu aman untuk di download dan di install. Biasanya ada juga yang di sisipi adware maupun malware, yang bisa membuat kinerja windows menjadi lemot. Langsung saja, untuk membahasnya.

Tips Download dan Install Software dari Internet

Download dari Sumber Official (resmi)

Pastinya jika ingin mencari software memanfaatkan search engine seperti google. Ketika mencari pilih yang menuju ke sumber website resmi dari software, biasanya terletak di pilihan pertama. Tetapi ada juga software yang tersedia diluar website official. Situs tersebut melakukan reupload terhadap software (diperbarui), beberapa diantaranya adalah Filehippo, CNET Download atau Softpedia.

Pastikan Link Download Benar

Hal yang penting ketika mendownload software diluar situs Official (bukan sumber resmi) yaitu cek link downloadnya. Karena kebanyakan ada tampilan tombol download yang padahal itu adalah iklan, yang membingungkan. Ini biasanya juga ada ketika ingin mendownload file dari file yang di sharing atau dibagikan.

Tips! Lihat tampilannya, mana tombol link download yang tepat, jangan terkecoh dengan tombol download yang besar. Arahkan kursor pada link tombol download, nanti akan tertera alamat urlnya pada pojok kiri bawah browser. Jika domain urlnya sama (berkaitn) seperti pada situs yang dibuka, maka itulah tombol downloadnya. Tapi jika url tidak ada kaitannya dengan situs yang dibuka, artinya itu bukan link download.

Jika terlanjur, pastikan dulu jika seharusnya software berukuran besar, tapi ukuran filenya kecil. Maka itu bisa jadi filenya palsu bisa dibilang installer. Perlu diketahui hindarilah mendownload software yang bersifat download manager.

Scan dengan antivirus

Jika link agak mencurigakan bisa scan dulu dengan antivirus. Caranya dengan metode online buka situs https://www.virustotal.com, lalu pilih sub URL. Masukkan url link download, kemudian scan atau enter. Biarkan dan tunggu proses scanning. Nanti akan muncul daftar antivirus, jika muncul centang warna hijau berarti filenya aman. Tapi jika file ditandai sebagai virus, maka akan ada warna merah.

Cermati ketika Installasi

Pada saat melakukan installasi, perhatikan intruksinya. Jangan asal centang sembarangan. Seperti mencentang pilihan untuk memasang homepage/plugin sebagai default. Walaupun kelihatan sepele itu bisa mengganggu bankan bisa sangat mengganggu, seperti tampilan browser tidak seperti biasanya atau makin lemot.

File downloadnya salah, jika file yang didownload salah biasanya akan mendownload lagi untuk menginstall sesuatu yang bersifat mengganggu, itu disebut installer atau download manger dan lebih baik dibatalkan. Tapi itu tidak semua, karena ada juga software asli yang mendownload lagi ketika menginstall seperti chrome. Kalau saya lebih suka dengan yang offline installer karena tidak memerlukan koneksi inernet.

Kesimpulan

Untuk seorang pemula dalam komputer sebaiknya berhati-hati dalam menggunkannya. Terutama dalam hal mendownload dan menginstall software. Karena sekarang banyak virus yang diselipkan dalam software. Yang dapat menyusahkan dan melambatkan kinerja komputer atau laptop. Jika sudah terlanjur terkena masalah seperti itu, bisa sangat sulit untuk dihilangkan.

Itulah beberapa tips dari saya untuk pengguna komputer, semoga ini dapat bermanfat terutama bagi yang masih belajar tentunya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus