Folder AppData, Dimana Lokasi dan Cara Membuka Foldernya

Aplikasi Windows (program) sering menyimpan data dan setting di folder AppData, di setiap akun windows pasti ada. Folder AppData diperkenalkan pada Windows Vista, dan masih digunakan sampai sekarang yaitu Windows 10. Hanya saja folder appdata merupakan folder tersembunyi, jika ingin membukanya harus dengan cara berbeda , tidak seperti folder yang terlihat/ditampilkan.

Letak lokasi folder AppData

Tempat Folder AppData berada pada setiap akun pada windows, dan isinya pun juga tersendiri dalam artian pada setiap akun akan berbeda. Lokasi folder appdata adalah "C:\Users\{NAMA}\AppData", {NAMA} adalah nama dari akun windows, tepatnya dalam folder Users akan terdapat folder dengan nama akun kalian. Contohnya: C:\Users\Arif Rohman\AppData.

Cara Membuka Folder Appdata

Untuk membuka folder appdata kalian bisa mengetikkan lokasi kode di atas pada address file explorer. Atau bisa juga menggunakan RUN.

  • Pertama buka RUN (tekan win + R), atau search kata "run" di startmenu.
  • Setelah itu ketikkan kode %AppData%, lalu Enter.

Folder Lokal, LocalLow, dan Roaming?

Jika kalian membuka folder appdata pasti akan terdapat folder Local, LocalLow, and Roaming. Ketiga folder tersebut memiliki jenis pengaturan masing-masing. Selanjutnya fungsi ketiga folder tersebut.

Folder Lokal berisi data spesifik komputer. Folder tersebut berisi file-file besar dan mungkin juga file cache yang didownload.

Folder LocalLow sama dengan folder Lokal, namun didesain untuk aplikasi integritas rendah yang berjalan dengan pengaturan keamanan yang lebih terbatas.

Folder Roaming berisi data yang bersifat penting, saperti data profile, licence, dan lain sebagainya.

Apakah perlu dicadangkan

Sebagian besar pengguna Windows sebenarnya tidak perlu tahu tentang folder ini, dikarenakan tersembunyi secara default. Kecuali jika ada yang memiliki keperluan dan ingin mengotak-atiknya saja. Kalian tidak perlu mencadangkan/backup folder appdata, kecuali jika ingin mencadangkan pengaturan program tertentu.

Jika ingin mencadangkannya kalian hanya perlu mencari direktori program yang ingin dicadangkan, kemudian menyalinnya ke lokasi/disk lain. Dan kalian dapat menempatkan data yang dicadangkan pada direktori yang sama di komputer lain, dan program akan menggunakan setting yang sama. Belum tentu semuanya bisa/bekerja pada, tergantung pada program itu sendiri.

Itulah tetang folder AppData pada windows yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna windows.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus