Cara Hapus dan Format Flashdisk Drive di Komputer Windows

Bagi seorang pemula yang belum tau bagaimana cara mengembalikan drive seperti dalam keadaan semula, yang saya maksud dari drive adalah berupa flashdisk. Untuk caranya kalian bisa melakukannya dengan memformatnya. Dengan memformat disk, naka data dalam disk tersebut akan terhapus seluruhnya tanpa terkecuali dan mengkondisikn disk dalam keaadan baru. Sebuah cara yang cepat untuk menghapus semua data didalam drive.

Alasan lain untuk memformat ulang adalah untuk mengubah file sistem yang digunakan disk ke system yang lainnya. Windows membuat beberapa file system yang tersedia, diantaranya FAT32, exFAT, dan NTFS yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contoh: Jika ingin memutar musik dalam drive dengan sound system, maka format disk harus FAT32. Jikalau menggunakan format NTFS tentunya tidak akan bisa.

Catatan: Format menggunakan utilitas format secara teknis tidak menghapus drive Anda. Ruang yang digunakan untuk tempat data belum terhapus. Jadi kalian masih bisa memulihkan data dari drive yang telah diformat masih bisa dengan menggunakan utilitas khusus dan membutuhkan beberapa waktu. Namun, jika ingin menghapus data pada drive dengan sepenuhnya sehingga tidak dapat dikembalikan/recovery bisa menggunakan tool pihak ketiga seperti Eraser atau DBan.

Format Flashdisk Dengan Mudah

1. Buka File Explorer pada sub "This PC" sehingga dapat melihat semua drive dengan mudah.

2. Pada bilah samping File Explorer, klik kanan drive yang ingin di format dan kemudian klik "Format".

3. Pada jendela "Format" akan ada berbagai pilihan.

  • Capasity: Menunjukkan kapasitas drive.
  • File system: Tergantung pada ukuran drive yang akan diformat, akan ada pilihan FAT32, exFAT, dan NTFS. Jika drive yang akan diformat lebih dari 32 GB, maka tidak ada pilihan FAT32.
  • Allocation unit size: Ukuran cluster maksimum pada drive-unit terkecil. Sebaiknya tinggalkan pilihan ini, pada umumnya adalah 4096 Bytes.
  • Restore device defaults: Gunakan tool ini untuk mengubah semua pengaturan jendela format kembali ke default, berlaku untuk semua srive yang dipilih.
  • Volume label: Ketik nama untuk drive, karena akan muncul di File Explorer.
  • Format cepat: Centang/pilih opsi ini untuk melakukan format tingkat tinggi, yang bekerja dengan cepat dan hanya mempersiapkan drive dengan sistem berkas baru. Jangan centang/pilih opsi ini untuk melakukan format tingkat rendah, yang membutuhkan waktu lama, dan akan memeriksa pada setiap sektor.

4. Bila pilihan opsinya sudah selesai, klik tombol "Start".

5. Setelah itu akan muncul peringatan bahwa memformat akan menghapus semua data dalam disk. Jika sudah siap (tidak data penting atau sudah dicadangkan ) klik OK untuk mulai memformat disk.

Selesai, sekarang drive yang sudah di format dapat digunakan. Gimana mudahkan dan pastinya mudah juga untuk di ingat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus