Cara Mempercepat Chrome di Android Agar Tidak Lemot

Agar chrome bisa menjadi lebih cepat - Chrome adalah browser yang dirancang oleh google. Browser yang cepat, mudah dalam penggunaannya dan aman ketika digunakan. Saya sering menggunakan browser ini dan menjadi favorit. Untuk pertama kali menggunakan browser Chrome pastinya berjalan dengan lancar dan stabil. Tapi lama kelamaan browser Chrome menjadi lambat, baik dalam beraktivitas atau membuka halaman web.

Disini akan membahas solusi agar Chrome tidak lambat. Untuk penggunaan dalam hal stabilnya chrome, mungkin tergantung pada smartphone yang digunakan. Seperti ketika membuka banyak tab/halaman pada saat itu chrome akan jadi lambat pada smartphone dengan ram 512MB. Dan tergantung juga pada halaman web yang dibuka, yang memiliki banyak script ataupun script yang bersifat beratkan. Inilah beberapa cara untuk mempercepat Browser Chrome.

Menggunakan Data Saver

Faktor utama yang berperan sebagai performa chrome adalah hard ware dan kecepatan data. Data saver memungkinkan untuk menggunakan data yang lebih sedikit. Cara kerjanya, browser akan menggunakan server google untuk melakukan kompres dan pengoptimalan pada halaman web. Kemudian browser mengakses data yang telah dikompres dan dioptimalkan.

Seperti halnya pada gambar, tidak perlu memuat gambar berukuran besar pada layar yang kecil. Yang dimana ukuran gambar sudah disesuaikan dengan layar oleh server google.

Cara mengaktifkan data saver:

  • Pada Chrome, tekan tombol 3 titik pada pojok kanan atas layar
  • Pilih "setelan" atau "settings"
  • Gulir kebawah kemudian pilih "penghemat data" atau "data saver"
  • Tinggal aktifkan/ONkan fiturnya.

Browser akan menggunakan fitur ini jika halaman berat untuk dimuat.

Tapi perlu diingat data saver tidak berfungsi jika halaman yang di buka menggunakan Security https dan pada saat menggunakan mode penyamaran.

Hapus Cache Chrome

Cache sebenarnya menyimpan data yang bisa berguna. Ini akan menyimpan data halaman pada penyimpanan/memory lokal. Jadi ketika memuat halaman akan lebih cepat jika menggunakan data yang disimpan, tanpa mendownload lagi.

Masalahnya muncul ketika terlalu banyak data cache yang tersimpan. File bisa terfragmentasi dan rusak, penyebabnya browser akan melambat. Dalam mengajukan cache sebaiknya dari waktu ke waktu. Setidaknya hapus jika sudah beberapa hari atau 1 minggu, fungsinya untuk menjaganya tetap segar.

Cara menghapus cache Chrome untuk Android:

  • Pada Chrome, tekan tombol 3 titik pada pojok kanan atas layar
  • Pilih "setelan" atau "settings"
  • Gulir kebawah, kemudian pilih "privasi" atau "privacy"
  • Gulir kebawah, kemudian pilih "hapus data browsing" atau "Clear browsing data"
  • Atur waktu pilih "awal waktu" atau "beginning of time"
  • Centang "file dan gambar yang disimpan dalam cache" atau "cached images and files" dan "cookie dan data situs" atau "cookies and site data", bisa juga sekalian historinya
  • Tekan "hapus data" atau "clear data"
Nanti jika masuk Gmail, Facebook ,dll harus login lagi.

Selalu Update Chrome

Untuk menjadikan chrome menjadi lebih baik, Chrome akan selalu mendapatkan update. Update chrome memungkinkan untuk menambahkan fitur atau menghapus/memperbaiki bug. Selalu pastikan Chrome dalam versi terbaru, agar bisa berjalan dengan lancar.

PenutupItulah beberapa cara untuk mempercepat Chrome tanpa ribet. Untuk saya sendiri menggunakan chrome sudah nyaman, asalkan halaman web yang di buka tidak memberatkan. Untuk halaman yang ringan dibuka, kalian bisa memilih di pencarian yang berlabel AMP. Sekian dari saya semoga bisa membantu.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus