Memasang dan Menggunakan Google Analytics di Blogger

Ada banyak blog yang sharing tentang cara untuk mendaftar di Google Analytics dan sekaligus cara memasangnya termasuk juga di platform blogger. Di sini saya tidak membahas cara untuk mendaftarnya tapi membahas soal Penggunaan google analytics di blogger atau bisa juga cara memasangnya di blog khususnya blogger. Sekedar sharing pengalaman.

Apa Google Analytics?

Sebelum itu apa yang dimaksud dengan Google Analytics. Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung dari suatu situs web. Seperti menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman, mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing. Jika dimaksudkan bisa berupa data informasi dari kejadian-kejadian suatu situs web.

Memasang Google Analytics

Dalam memasang Google Analytics di blogger sudah ada opsi untuk meletakkan kode analytics, dan memanggilnya dengan tag kondisional. Tempat meletakkannya berada di menu Setelan kemudian sub Lainnya > scroll dan ketemu Google Analytics. Masukkan kode ID Properti Web Analytics dan klik Simpan setelan.

Google Analytics sudah di pasang, sekarang untuk tema / template (edit html) cari (ctrl + F) apakah ada kode berikut:

<b:include data='blog' name='google-analytics'/>

Jika ada kode di atas, maka script analytics sudah terpasang di blog, dan jangan menempatkan script analytics pada template lagi. Kode tersebut adalah tag untuk membuat script analytics dari ID analytics yang sudah di cantumkan pada setelan.

Jika ada yang tidak ingin membuka blog milik sendiri, jadi hanya mengecek atau melihatnya dengan pratinjau atau review saja sama seperti saya, lebih baik pada analytics gunakan tag kondisional. Untuk mengaturnya tidak perlu repot-repot membuat, tinggal ganti dengan copy dan paste kode di bawah ini pada script sebelumnya atu kode sperti di atas.

Select All
<b:if cond='not data:view.isPreview'><script> (function(i,s,o,g,r,a,m){i[&#39;GoogleAnalyticsObject&#39;]=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,&#39;script&#39;,&#39;https://www.google-analytics.com/analytics.js&#39;,&#39;ga&#39;); ga(&#39;create&#39;, &#39;<data:blog.analyticsAccountNumber/>&#39;, &#39;auto&#39;); ga(&#39;send&#39;, &#39;pageview&#39;);</script></b:if>

Tag kondisional not data:view.isPreview di atas berfungsi untuk tidak menampilkan isi pada kondisi halaman pratinjau atau layout. Dan tag <data:blog.analyticsAccountNumber/> berfungsi untuk memanggil ID analytics yang sudah di simpan pada setelan. Atau bisa juga tag itu diganti dengan kode ID Analytics.

Halaman Pratinjau adalah halaman untuk meninjau artikel postingan. Sedangkan Halaman Layout adalah untuk meninjau homepage, letaknya di pratinjau pada tab Layout dan tampilan pada tab Theme, halamannya berupa homepage, dan hanya sekali di muat (tidak bisa di refresh).

Dengan ini statistik pada Google Analytics akan menampilkan data aktivitas dari pengunjung saja dan bukan data milik sendiri.

Cara Memasang AMP Analytics

Banyak para blogger yang sudah menggunakan Project AMP, maka akan share juga cara memasang analytics untuk AMP. Pertama gunakan script amp-analytic pada tag head.

Select All
<script async='async' custom-element='amp-analytics' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-analytics-0.1.js'></script>

Selanjutnya letakkan kode di dalam pada element body.

Select All
<b:if cond='not data:view.isPreview'> <amp-analytics id='analytics1' type='googleanalytics'> <script type='application/json'> { &quot;vars&quot;: { &quot;account&quot;: &quot;<data:blog.analyticsAccountNumber/>&quot; }, &quot;triggers&quot;: { &quot;trackPageview&quot;: {  &quot;on&quot;: &quot;visible&quot;,  &quot;request&quot;: &quot;pageview&quot; } } } </script></amp-analytics></b:if>

Itulah pembahasan tentang Google Analytics semoga bisa membantu dan jika penjelasannya kurang lengkap bisa tanya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus