Pengertian dan Arti Malware, Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Tahukah kamu apa itu malware, berikut adalah penjelasan tentang perangkat lunak jahat yang disebut dengan malware.

Apa itu MALWARE

Malware, sebuah kata yang diambil dari kata malicious (jahat) dan software (perangkat lunak). Dalam istilah arti dari Malware adalah suatu program perangkat lunak yang dirancang jahat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer atau melakukan pencurian data / informasi. Dalam melakukannya malware bersifat diam-diam dan tersembunyi agar tidak diketahui.

Jenis-Jenis Dari Malware

Ada berbagai jenis perangkat lunak perusak yang umumnya dipahami dalam bentuk berikut:

  • Virus: Menginfeksi / merusak file data program atau file data pribadi.
  • Spyware: Perangkat lunak yang mengumpulkan informasi pribadi atau data penting, yang kemudian dikirimkan ke orang yang membuat malware.
  • Worm: Malware yang bisa menggandakan / memperbanyak dirinya sendiri dan menyebarkan dirinya lewat jaringan.
  • Trojan horse: Malware yang terlihat dan beroperasi, sebagai program baik dan sebenarnya program itu jahat.
  • Browser hijacker / pembajak browser: Perangkat lunak yang memodifikasi web browser, contohnya memodifikasi hompage toolbar dan lainnya.
  • Rootkit: Perangkat lunak yang mendapatkan hak administrator untuk bekmaksud jahat dengan lebih leluasa.

Beberapa jenis adware, istilah perangkat lunak yang didukung iklan. Iklan adware dianggap mengganggu dn terkadang juga berbahaya, seperti iklan yang dirancang untuk mengelabui pengguna untuk mendownload perangkat lunak berbahaya lainnya.

Bagaimana Serangan Malware Bisa Terjadi?

Malware bisa menginfeksi / menyerang komputer atau perangkat lain dengan berbagai cara, seperti melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi.

Biasanya sering kali mendownload software gratisan yang mungkin diselipkan malware tanpa disadari. Banyak program menginstal toolbar yang dilengkapi malware, download assistants, pengoptimalan sistem dan internet, antivirus palsu, dan lainnya secara otomatis.

Beberapa malware dapat mengakses komputer dengan memanfaatkan kerentanan / celah keamanan di sistem operasi dan program software. Seperti browser dengan versi yang sudah lama, tidak hanya browser saja tapu bisa juga software program lain.

Sumber malware lainnya bisa melalui unduhan, walupun unduhan tersebut berupa file gambar, video, atau audio sederhana. Memang terlihat sepele tapi dalam gambar, video, dan audio bisa diselipkan malware. Atau bisa juga suatu situs yang terdapat malware. Tidak hanya mendownload, saat mengunjungi situs berbahaya pun malware bisa saja menyerang.

Bagaimana Cara Mengatasi Malware

Menghapus malware bisa dilakukan dengan langkah yang mudah dan sederhana. Jenis malware yang paling umum adalah program aktual digunakan atau program yang menginstall sendiri. Program tersebut bisa di-uninstall, seperti yang program biasanya, dari Control Panel.

Namun, malware khusus yang lebih bandel untuk dihapus, seperti registridan file yang hanya dapat dihapus secara manual. Malware jenis ini lebih baik dihilangkan dengan antivirus atau program khusus sejenisnya (malware removal) dengan melakukan scan.

Melindungi dari Serangan Malware?

Agar terhindar dari malware, sebaiknya dalam pencegahan pasanglah Antivirus, agar memantau aktivitas berbahaya dalam unduhan, membuka situs dan file aktif. Biasanya karena komputer sering terhubung ke internet pakailah Internet Security, seperti kaspersky internet security, bitdefender internet security, dan lain sebagainya.

Karena kebanyakan malware berasal dari software gratis yang diunduh, sebaiknya cermatilah ketika mendownload dan menginstall software.

Baca juga: Tips Mendownload dan Menginstall Software Secara Aman bagi pemulaHindari membiarkan perangkat lunak jahat memanfaatkan kerentanan keamanan di program, dengan memastikan memperbarui perangkat lunak saat ada pembaruan, terutama untuk Windows. Sampai disini penjelasan tentang malware.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus