Cara Scan Virus Online dengan Situs Antivirus Terbaik

Pemindaian virus dan malware gratis berbasis Online, yang dimana dilakukan oleh Server Internet. Dalam internet sebenarnya banyak file-file berbahaya, yang bisa bisa bersarang pada komputer atau laptop. terutama dalam mendownload dan menginstal software.

Mungkin kebanyakan jika scan virus itu harus dengan antivirus yang dipasang dalam komputer. Tapi jika hanya untuk cek saja bisa menggunakan Online Virus Scanners, tentunya dalam kondisi tertentu. Dalam melakukan scan online ini tidak diperlukan biaya, alias termasuk layanan gratis. Untuk situsnya sendiri ada beberapa macam, diantaranya.

VirusTotal

Situs ini termasuk populer dan terbaik. Di situs VirusTotal.com terdapat 3 pilihan.

  • Pertama file, hanya untuk pemindaian file tertentu yang di upload.
  • Kedua URL, ini berfungsi untuk melakukan scan file yang ada di internet yang berupa file. Jadi jika file yang akan di download mencurigakan bisa melakukan scan dulu. Caranya tinggal masukkan url sumber file lalu scan.
  • Ketiga Search, melakukan scan terhadap situs di internet, ip, domain, atau file hash. Dengan memasukkan alamat situs web maka VirusTotal memindai keseluruhan halaman.

Arsip seperti ZIP dan RAR juga dapat diunggah, namun ukuran maksimum yang dapat diterima adalah 256 MB. VirusTotal menggunakan puluhan antivirus yang berbeda untuk pemindaian file.

Ekstensi browser juga tersedia untuk pengguna Chrome, Firefox, dan Internet Explorer yang mengizinkan URL dipindai. Dengan klik kanan dan scan file untuk diperiksa, sebelum mendownloadnya.

Kunjungi www.virustotal.com.

Metadefender

Metadefender memungkinkan melakukan scan file hingga 140 MB dapat diunggah dan dipindai dari 43 mesin antivirus yang berbeda sekaligus, termasuk yang digunakan oleh vendor populer seperti Microsoft, Kaspersky, McAfee, dan AVG.

Di situs ini dapat mengunggah file berformat 7Z, EXE, ZIP, dan beberapa jenis file sejenis lainnya, dan juga file umum lainnya seperti gambar dan dokumen. Selain mengunggah file, Metadefender juga dapat memindai dengan alamat IP, dan hash.

Kunjungi www.metadefender.com.

Avira

Situs Avira ini tentunya menggunakan mesin antivirus yang sama dengan program Avira AntiVirus untuk melakukan scanning. Pemindaian bisa dengan upliad file dan memasukkan URL yang dikirim melalui formulir online.

Formulir ini bertujuan untuk mengirimkan hasilnya ke email yang berisi url untuk melihat hasil dari scanning. Maksimal 5 file dengan ukuran maksimal 50 MB.

Kunjungi analysis.avira.com.

Jotti's malware scan

Lebih dari 20 mesin antivirus digunakan untuk memindai, dengan jumlah maksimal file 5 dan setiap ukuran file batasnya 100MB. Jotti.org juga menyertakan pencarian hash kriptografi MD5 atau SHA-1. Ini hanya akan bekerja jika file tersebut sebelumnya sudah pernah dipindai oleh Jotti.org dari orang lain.

Kunjungi virusscan.jotti.orgItulah beberapa situs yang bisa di gunakan untuk scan virus secara online. Dari situs-situs diatas mungkin yang paling sering digunakan adalah VirusTotal.com. Saran saya jika ingin melakukan scan pada file yang ingin di download bisa menggunakan metode memasukkan url pada situs VirusTotal, yang dimana tidak perlu mendownload dan melakukan upload lagi, sehingga tidak menghabiskan kuota.

Dengan adanya situs untuk scan virus online bisa untuk antisipasi jika adanya virus dari file yang akan di download.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus