Cara Menampilkan Folder dan File Tersembunyi di Windows

Windows menyembunyikan banyak file dan folder secara default, tujuannya untuk mencegah pengguna menghapus atau memodifikasi nya yang seharusnya tidak mereka tahu. Contohnya ketika ingin membuka folder Appdata atau Programdata. Maka kita bisa membuat Windows menampilkan file tersembunyi ini dengan mengubah pengaturannya.

Sebenarnya menyembunyikan file atau folder yang terlihat pun bisa disembunyikan. Caranya: Klik kanan file atau folder, pilih "Properties", dan ada kotak centang hidden centang untuk menyembunyikannya. Bagi pengguna windows 8 atau windows 10 bisa dengan mudah, caranya pilih mana yang disembunyikan, lalu pada tab ribbon pilih "View", dan pilih "Hide selected items".

Menampilkan File Tersembunyi di Windows 8 dan 10 Dengan Mudah

Berbeda dengan windows 7, cara ini mudah diakses di File Explorer pada Windows 8 dan 10.

Caranya: Klik tab "View" pada ribbon File Explorer kemudain klik kotak centang "Hidden items" di bagian Show/hide. Tambahan, di menu itu juga terdapat kotak centang lain.

Pertama Item check boxes fungsinya untuk mempermudah dalam memilih file, dan Kedua File name extensions untuk menampilkan ekstensi. Ekstensi adalah simbol file yang berada di akhir namanya, contohnya file halaman website menggunakan .html, teks = .txt, dokumen = .doc dan lain sebagainya.

Tambahan: Jika ingin terus menampilkan isi pada tab ribbon untuk mempermudah mengelola file seperti pada gambar, bisa dengan dobel klik pada tab ribbonnya atau klik kakan tab ribbon lalu hilangkan centang pada "Minimize the Ribbon".

Tampilkan File Tersembunyi di Windows 7

Cara ini sedikit lebih tersembunyi pada Windows 7, yang berada pada Folder Options.

Caranya: Klik tombol "Organize" pada toolbar Windows Explorer dan pilih "Folder and search options" untuk membukanya. Klik tab "View" di Folder Options. Pilih "Show hidden files, folders, and dirves" di bawah Hidden files and folders. Klik "OK".

Pengaturan ini juga dapat diakses pada Windows 8 dan windows 10 dengan klik tombol "Options" pada toolbar View di File Explorer. Tapi lebih cepat dengan menggunakan cara di atas.

File/Folder yang tersembunyi ini bersifat normal, artinya bukan file sistem windows dan tidak terlalu beresiko jika ada kesalahan dalam mengelola. Itulah cara agar file atau folder di windows bisa tampil plus tambahan pembahasan.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus