Custom Domain Blogger Mendukung Https

Google menegaskan bahwa HTTPS itu sebagai sinyal peringkat situs dalam mesin pencari. Di tahun 2015 blogger sudah mendukung ssl, tapi hanya untuk domain blogspot. Dan sekarang blogger sudah mendukung https untuk Custom Domain.

Mungkin jika sebelumnya ada cara untuk menggunakan https di blogger, dengan cloudflare. Tapi itu menurut saya kurang efektif dan ketika ingin menggunakannya harus mempertimbangkan dulu. Karena tentunya akan akses sedikit lebih lambat, perlu banyak setting dan antivirus MalwareByte pun mengeblok situs yang menggunakan cloudflare.

Memasang SSL Gratis di Blogger Untuk Domain TLD — Fitur ini tersedia gratis di versi beta blogger, yaitu draft.blogger.com. Untuk versi www.blogger.com belum muncul. Karena ini belum resmi diumumkan oleh google.

Update: Sekarang SSL untuk blogger custom domain sudah resmi di www.blogger.com, berikut adalah cara pasang https di blog.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Custom Domain Blogger

Pertama buka blogger dengan url blogger.com.

Selanjutnya buka Setelan > Dasar dan lihat bagian https akan bisa di atur. Di sini saya menggunakan bahasa indonesia di blogger.

Cara setting https blogger — aktifkan Ketersediaan HTTPS menjadi Ya. Halaman akan di refresh sendiri secara otomatis. Dan tunggu sampai proses propagansi selesai, hanya butuh waktu sebentar , tidak lama (beberapa menit).

Refresh/Muat ulang halaman blogger. Kemudian Aktifkan Pengalihan HTTPS supaya halaman http redirect atau beralih secara otomatis ke https, dan pengunjung selalu berada di halaman dengan enkripsi SSL.

Setelah mengaktifkan https, iklan akan blank dulu untuk menyesuaikan dengan domain. Apa selanjutnya.

  • Jika telah mengaktifkan https, selanjutnya memastikan blog tidak mengalami Mixed content (Konten Campuran). Artinya jika didalam halaman terdapat sumber yang menggunakan http seperti gambar, js dan lainnya (bukan sebuah link). Seperti yang sudah saya posting tentang Manfaat Https & Cara Memaksimalkan Https. Maka ubah juga sumber resourcenya menjadi https.
  • Ganti url lama yang menggunakan https di edit HTML. Caranya focuskan/klik pada bagian tempat kode. Kemudian tekan ctrl + Shift + R ketik url lama (contoh:http://blogger.mankoin.blog) yang akan di edit > tekan enter dan ketik yang baru (contoh:https://blogger.mankoin.blog).
  • Submit Url Https kalian ke Webmaster.
  • Url sitemap, feed dan robot.txt secara otomatis akan berubah juga ke https. Untuk yang mengaktifkan robot.txt dengan khusus ubah dulu sitemapnya.

SSL yang digunakan tidak sama dengan domain blogspot yang diverifikasi oleh Google Trust Services. Tapi untuk Custom Domain diverifikasi oleh Let's Encrypt. Let's Encrypt adalah penyedia layanan ssl gratis.

Komentar
Disqus