Cara Mencari dan Hapus File Yang Sama (Duplikat) di Windows

Pencari file sama atau Duplikat pada hard drive yang sudah tidak diperlukan. Cara menghapus dengan mudah untuk menambah free space penyimpanan. Berikut ini adalah pilihan Aplikasi untuk mencari file duplikat terbaik dan juga mudah untuk digunakan.

Dengan aplikasi tidak perlu harus mencarinya dengan manual, apalagi yang jumlahnya sangat lama untuk menhitungnya (banyak). Aplikasi yang canggih untuk menemukan file yang sama.

Untuk penggunaannya tidak diperbolehkan untuk menghapus file yang ditemukan atau berada di folder sistem seperti folder windows dan program files. Karena windows dan program yang digunakan memerlukan file yang sama di lokasi yang berbeda supaya berfungsi dengan baik.

Software untuk menghapus file duplikat

Auslogics Duplicate File Finder

Banyak aplikasi mencari file duplikat yang berbagai macam pilihan dan agak rumit. Auslogics Duplicate File Finder terlihat berbeda dari kebanyakan, menawarkan antarmuka sederhana yang meberikan kemudahan dalam menggunakannya. Terdapat juga fitur lainnya yang cukup berguna, seperti panel pratinjau yang memungkinkan melihat file duplikat yang berupa gambar, musik, video sehingga dapat melihat file yang akan di hapus.

Ketika melakukan installalsi mungkin akan ditemukan tawaran untuk menginstall software tambahan lainnya. Jadi cermati ketika installasi untuk tidak mencentang software tambahan. Silahkan kunjungi di Duplicate File Finder.

CCleaner

CCclener adalah tool yang populer dan sudah banyak yang menginstall dan menggunakannya. Fitur utamanya adalah menghapus file sampah/file sementara yang tidak diperlukan. Namun tool ini juga terdapat fitur build-in lainnya, termasuk pencari file duplikat.

Jalankan CCleaner, pilih tabel Tools, lalu Duplicate Finder. Fitur ini tersedia disemua versi ccleaner, termasuk yang gratis.

Pengaturan default pada ccleaner sudah disesuaikan lihat centangnya. Dalam pengaturannya memungkinkan untuk mencari file duplikat yang berada di drive C dengan mengabaikan file sistem dan file tersembunyi. Jadi tidak perlu di khawatirkan ketika melakukan pencarian pada drive C.

Bisa juga menambahkan pencarian pada folder tertentu, Klik Add dan klik Browse untuk menentukan foldernya. Pada tag Options terdapat 2 pilihan, pertama Include files only untuk melakukan pencarian file yang hanya terdapat dalam folder tersebut. Kedua Include files and subfolders untuk melakukan pencarian semua fle yang terdapat dalam folders dan juga sub foldersnya, dalam artian semuanya.

Duplicate Cleaner Pro

Yang satu ini adalah versi pro (berbayar) yang memiliki beberapa fitur lebih dan lengkap. Dan untuk gratis tersedia di versi free yang diberikan waktu trial selama 15 hari dan hanya dapat untuk mencari dan menghapus file duplikat saja.

Jika ingin mencoba bisa download DuplicateCleaner.

Sebenarnya ada lagi aplikasi pencari file duplikat terbaik yaitu Dupeguru, tapi ada yang mengatakan bahwa sekarang tidakl lagi didukung secara resmi oleh windows tapi jika ingin mencoba bisa mengunjungi situsnya dupeguru.

Masih adalagi jika ingin mencoba software yang simple dan dengan tampilan yang kurang menarik yaitu SearchMyFiles. Aplikasinya kecil dan bersifat portable.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus