Baru Mozilla Firefox Quantum lebih Baik dan Cepat

Firefox 57 mengalami perunbahan besar pada 14 November 2017 dengan desain, dan teknologi baru. Nama versi barunya adalah Firefox Quantum. Firefox sendiri mengclaim bahwa versi quantum penggunaan 30% lebih ringan dari browser chrome, dan 2x lebih cepat dari versi sebelumnya.

Firefox Quantum Lebih Cepat

Menurut uji coba mozilla, versi quantum dua kali lebih cepat dari firefox 52. Hampir dalam semua hal firefox quantum lebih cepat, mulai dari merender halaman, melakukan scroll beralih ke antar tab, dan dalam penggunaan antarmuka.

Teknologi yang terintegrasi dari proyek penelitian Servo Browser Engine, yang ditulias dalam perograman Rust. Firefox secara bertahap mengganti bagian internalnya dengan teknologi servo yang lebih cepat. Mesin CSS baru atau stylo terintegrasi dalam firefox. Hal ini dapat berjalan secara pararel di beberapa core CPU tujuannya untuk lebih memanfaatkan CPU multi core modern.

Browser Multi Proses dengan Memory Rendah

Untuk pertama kali firefox menggunakan browser multi proses yang baik. Firefox sebelumnya menjalankan semuanya dalam satu proses, jika ada halaman yang lambat maka akan memperlambat seluruh antarmuka. Di firefox 54 menggunakan dua proses: satu untuk antarmuka dan satu untuk halaman web. Sekarang Firefox quantum menggunakan lebih banyak proses.

Firefox menggunakan maksimal empat proses untuk konten halaman web secara default (disarankan). Jumlah proses juga dapat diubah di pengaturan kinerja/performance, jika menggunakan satu proses tidak direkomendasikan itu sama dengan firefox sebelumnya. Karena multi proses akan selalu lebuh baik. Mozilla menyatakan bahwa ini merupakan yang benar, dan menggunakan memori 30% lebih sedikit dari chrome.

Bagi yang belum tahu banyak tentang multi proses, kalian bisa cek di Task Manager maka firefox quantum akan tampil lebih dari satu. Itulah yang dinamakan multi proses.

Menggunakan WebExtensions

Ekstensi di firefox quanrum berbeda dengan yang sebelumnya. Jadi extensi lama tidak berfungsi di firefox quantum tapi ada beberapa yang sudah mendukungnya, mungkin untuk yang populer sudah diperbarui (sudah mendukung).

Desain baru

Sekarang terlihat berbeda dengan Desain baru yang lebih minimalis, dari tema baru - antarmuka yang dirombak menggunakan Photon Design. Fitur library atau pustaka pada bar, yang terdapat Bookmarks, Pocket List, History, Downloads, Synced Tabs, dan fitur baru Screenshots.

Cara Screenshot di Firefox Quantum

Klik kanan pada halaman dan pilih Take a Screenshot atau klik titik tiga disamping alamat url dan pilih Take a Screenshot.

Untuk caranya arahkan kursor ke bagian halaman yang ingin diambil, dan secara otomatis akan mendeteksi sesuai cssnya yang dibatasi titik-titik strip, kemudian klik atau bisa juga dengan klik dan geser. Nantinya bagian yang di screenshot bisa diatur kembali.

Untuk mangambil gambar full (dari atas sampai bawah) cukup klik Safe full page dan untuk yang hanya tampil di layar saja cukup klik Safe visible. Letak tombolnya dibagian kanan atas.

Ada tiga tombol diantaranya yaitu tombol silang untuk membatalkan, tombol arah bawah untuk download dan tombol awan + save untuk menyimpannya di penyimpanan could firefox. Untuk penyimpanan could gambar akan di upload ke internet tapi hanya sampai 1 hari, tapi juga bisa diatur lama penyimpanannya. Untuk cek file yang di upload, ketika screenshot bisa klik My Shots atau membuka di menu library > Screenshots.

Yang baru lainnnya pocket yang lebih terintegrasi dengan firefox dan menampilkan artikel tren di halaman tab baru. Itulah yang baru pada Firefox Quantum, memang rasanya lebih berbeda dari versi yang sebelumnya. Ayo beralihlah ke firefox quantum sekarang.

Download Firefox Terbaru Offline Installer

Bahasa Indonesia 32 bit | 64 bitBahasa Inggris 32 bit | 64 bit

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus