Cara Mematikan Cortana pada Windows 10 Mudah dan Tanpa Ribet

Cortana adalah asisten personal dan juga salah satu fitur unggulan di windows 10. Tapi pastinya ada yang tidak ingin menggunakan fitur ini. Dan membuatnya ingin mematikannya.

Microsoft tidak menyediakan opsi untuk menonaftikan cortana di windows 10. Tapi untuk mematikannya perlu melakukan tweaking di windows. Disini saya akan menggunakan registry, dan tidak menonaftifkannya secara sepenuhnya.

Kenapa tidak menonaktifkan sepenuhnya

Alasan untuk tidak mematikan cortana secara sepenuhnya. Karena jika mematikan secara sepenuhnya atau permanen fungsi untuk melakukan pencarian file tidak akan berfungsi juga. Yang pastinya fungsi itu sangat berguna sekali.

Cukup dengan cara ini sudah tidak bisa menggunakan Cortana lagi.

Cara Menonaktifkan Cortana

Untuk cara cepat bisa download filenya, yang tinggal klik dan klik untuk menonaktifkan cortana. Unduh filenya Disable/Enable Cortana. Extract filenya dan akan ada 2 file untuk mematikan dan menghidupkan.

Buka file Matikan_Cortana dan klik Yes dan Yes, Ok. Untuk mengaktifkan kembali gunakan file Hidupkan_Cortana.

Sekarang registry sudah di tweak, Cortana mulai tidak aktif setelah melakukan restart pada windows. Tempat registry yang ditweak berada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Windows Search.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus