Cara Partisi Hardisk Windows Mudah dengan Disk Management

Dalam mengatur disk ada banyak software pengelola hardisk pihak ketiga untuk windows. Tapi Microsoft menyertakan tool Disk Management (Microsoft Management Console) pada windows. Yang dimana tool ini memiliki tampilan yang mudah dipahami dan bisa digunakan dengan sangat mudah.

Tool ini dapat untuk mengubah ukuran, membuat, menghapus dan memformat partisi, serta mengubah huruf peletakan partisi tanpa software pihak ketiga. Dan juga bisa digunakan untuk mengelola penyimpanan external seperti flash drives, Optical Disc Drives.

Membuka Disk Management

Cara membukanya cukup mudah dan cepat, langkahnya.

Buka start menu, dan ketik "partition" kemudian klik Create and format hard disk partitions.

Disk management sudah terbuka. Pada bagian list panel atas menunjukkan daftar volume (partisi yang sudah di format dengan sistem file). Dan pada panel bawah menunjukkan partisi (bagian-bagian / pecahan yang ada pada ruang harddisk) dalam bentuk grafis.

Catatan: Volume dan partisi itu berbeda. Yang dimana partisi adalah bagian ruang disk yang terpisah, sedangkan volume adalah partisi disk yang telah di format.

Mengubah Ukuran Partisi/Volume Disk

Dalam mengubah volume ada 2 pilihan, yaitu menambah atau mengurangi volumenya.

Memperkecil/Mengurangi Volume

Pada bagian volume klik kanan lalu pilih opsi "Shrink Volume".

Dan dapat dikecilkan jika masih terdapat ruang kosong . Contoh volume sebesar 500GB dengan ruang kosong 350GB, maka bisa dikecilkan kurang lebih 345GB.

Setelah itu akan ada keterangan, keterangan pertama menunjukkan besar volume awal. Ke-dua menunjukkan besar volume yang dapat di kecilkan (besar maksimal volume baru yang akan dibuat). Ke-tiga isi dengan besar volume baru yang akan dibuat. Ke-empat besar volume setelah dikecilkan. Setelah selesai klik shrink.

Dan sekarang subuah partisi baru telah di buat di sebelah kanan (setelah) dari disk yang dikecilkan.

Memperbesar/Menambah Volume

Ini hanya bisa untuk menambahkan saja dengan keadaan di sebelah kanan volume tersebut terdapat ruang kosong (belum terformat). Windows tidak bisa untuk menambah volume dari sebelah kiri ,tapi ini bisa dilakukan dengan menggunakan software pihak ketiga.

Klik kanan volume disk yang ingin diperbesar, pilih opsi Extend Volume. Di jendela "Extend Volume Wizard", klik Next.

Lalu select disk pilih disk, di bawahnya ada keterangan. Pertama, besar ruang sesudah di tambahkan. Kedua, maksimal penambahan ruang. Ketiga, atur besar ruang penambahannya. Kemudian, klik Next.

Buat Partisi/Volume Baru

Jika sudah bisa mengelola partisi, sekarang cara membuat volume baru pada partisi dik yang kosong. Klik kanan pada bagian disk yang kosong, pilih opsi "New Simple Volume".

Di jendela "New Simple Volume Wizard", klik next. Tentukan besar volumenya yang akan dibuat, dan klik next. Tetapkan huruf drive, ini akan ter isi otomatis dan ditetapkan sebagai standart, dan klik Next.

Selanjutnya diarahkan untuk memformatnya. Atau juga bisa melanjutkan tanpa memformat partisi, tapi tidak bisa digunakan dan ketika telah setelah selesai membuat volume akan ada peringatan untuk memformatnya. Maka pilih format saja, biarkan setting secara otomatis hanya ubah nama Volume label saja sesuai yang di inginkan, setelah itu klik next.

Dan klik finish, agar windows membuat volume dan memformatnya. Setelah proses selesai partisi bisa digunakan.

Menghapus Volume

Mungkin jika terdapat volume kosong tau tidak digunakan bisa dihapus, atau untuk menyatukannya (menambah) ke bagian yang lain. Peringatan: dengan menghapus volume juga akan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Jika ada data yang masih digunakan, maka pindahkan/cadangkan ke volume lain.

Langkah pertama klik kanan mana yang ingin dihapus, pilih opsi "Delete Volume" dan akan muncul peringatan bahwa data di dalamnya juga akan terhapus. Klik Yes, volume yang di hapus menjadi ruang yang tidak dapat di alokasikan.

Mengganti Huruf Disk Drive

Mengatur huruf drive pada volume, biar kelihatan lebih rapi. Klik kanan volume, pilih opsi "Change Drive Letter and Paths", klik tombol Change. Lalu tombol ganti nama dengan klik dan pilih huruf. Huruf yang tersedia hanya yang belum digunakan. Klik OK.

Peringatan jika ada aplikasi pada volume tersebut yang dijalankan, nanti aplikasi tidak akan berjalan dengan baik. Klik saja Yes.

Memformat Volume

Opsi ini sama seperti melakukan format dengan menggunakan File Explorer. Setelah di format data di dalamnya akan hilang. Klik kanan volume dan pilih opsi format. Atur nama dan klik OK. Akan ada peringatan bahwa pemformatan akan mengahpus semua data di dalamnya, jika yakin klik OK dan tunggu sampai selesai.

Tambahan

Jika ada yang suka utak-atik sebaiknya jangan menggunakan opsi Convert to Dynamic Disk ataupun Convert to GPT Disk. Kenapa karena nanti akan ada masalah seperti: tidak bisa booting dikarenakan bios tidak mendeteksi file system windows.

Saya jelaskan di atas ketika memformat disk untuk membiarkan pilihan File system dan Allocation unit size secara default, agar tidak ada masalah dalam menggunakan volume nanti.

Dalam Tool pihak ketiga tedapat lebih banyak fitur yang lebih. Seperti membuat bootable, mengembalikan data yang telah terhapus, memperbesar/menambah volume di bagian kanan dan kiri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ingin menggunakan tool pihak ketiga bisa menggunakan MiniTool Partition Wizard Free Edition dengan gratis.

Itulah penjelasan menggunakan Disk Management pada windows, jika ada masalah boleh bertanya. Cukup sekian dari saya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus