Task Manager pada Windows - Monitoring Program

Task Manager adalah utilitas yang disertakan dalam windows untuk menunjukkan program/aplikasi yang sedang berjalan. Task Manager juga memberi control yang terbatas terhadap aplikasi yang berjalan.

Windows Task Manager umumnya digunakan untuk melakukan pemantauan yaitu melihat apa yang sedang berjalan. Program yang sedang dibuka, dan program yang berjalan di latar belakang tampil di dalam daftar Task Manager.

Task Manager dapat digunakan untuk melihat program apa saja yang menggunakan sumber daya perangkat, untuk mengakhiri program yang berjalan secara paksa, melihat program dan layanannya yang dimulai saat komputer berjalan/mulai dinyalakan.

Cara Membuka Task Manager

Ada banyak cara untuk membuka Task manager. Yang paling mudah ialah menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard secara bersamaan, dan Task manager akan muncul.

Cara lain untuk membuka Task manager dengan mudah adalah dengan klik kanan di ruang kosong pada Taskbar (bar panjang dibagian bawah dekstop), jika perangkat windows menggunakan layar sentuh untuk pengganti klik kanan yaitu dengan tekan dan tahan hingga muncul pilihan opsi. Pilih Task Manager (Windows 10 & 8) atau Start Task Manager (Windows 7).

Menggunakan Task Manager

Task manager dirancang dengan baik, sederhana dan mudah untuk digunakan terutama pada windows 8 & 10, tapi juga mempunyai banyak tampilan tersembunyi. Pada windows 8 dan 10, Tak manager memiliki tampilan yang sederhana.

Processes

Tab processes Berisi daftar semua progran dan aplikasi berjalan yang terlihat, serta proses Background (tidak telihar) dan proses sistem windows. Di sini dapat telihat bagaimana sumber daya yang digunakan masing-masing program. Dan dari tab ini program dapat dikhiri atau dihentikan dengan paksa, tapi saya sarankan jika memang terpaksa seperti mengakhiri program yang not responding. Caranya klik kanan program dan pilih End task.

Performance

Tab performance merupakan ringkasan yang terjadi secara keseluruhan pada komponen perangkat keras (Utama), seperti CPU, RAM, Disk, dan Jaringan. Dan yang terbaru pada windows 10 fall creators update yaitu GPU, dan ini hanya akan muncul jika menggunakan WDDM 2.0 atau yang lebih baru.

App history

Tab App history menunjukkan penggunaan CPU dan penggunaan jaringan pada setiap aplikasi windows yang telah digunakan antara tanggal yang tercantum dilayar sampai sekarang. Tab App history hanya tersedia di windows 8 dan 10.

Startup

Tab Startup menunjukkan daftar program yang berjalan otomatis ketika windows booting (dijalankan), dan disertai rincian penting dari masing-masing aplikasi. Yang paling menonjol adalah untuk melihat dampak dari startup aplikasi - High, Medium, atau Low. Identifikasi dan matikan program yang tidak perlu dijalankan secara otomatis, cara ini dapat mempercepat komputer terutama saat booting. Tab Startup hanya tersedia pada windows 8 dan 10.

Users

Tab Users menunjukkan setiap pengguna/akun yang aktif dan proses apa yang berjalan di masing-masingnya. Mungkin ini tidak terlalu di butuhkan.

Details

Tab details menunjukkan setiap proses individu yang sedang berjalan dan tidak ada pengelompikan, nama umum, dan lainnya. Ini sangat membantu untuk mengatasi perpecahan masalah lebih lanjut.

Services

Tab Services menunjukkan beberapa layanan yang di install pada windows. sebagian bersar layanan ada yang berjalan dan berhenti. Fungsi tab ini sebagai cara cepat untuk memulai dan menghentikan layanan windows utama. konfigurasi layanan lanjutan dilakukan dari services dalam Microsoft Management Console.

Task Manager di windows 8 dan 10 sangat berbeda dari pada windows sebelumnya. Itulah sekilas tentang Task Manager, hanya sekedar sharing, dan semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus