Apa itu Windows 10 ARM Bedanya dengan yang Biasa

Microsoft telah meluncurkan versi windows 10 yang bisa berjalan di perangkat ARM. Tidak seperti windows RT. Tapi ini merupakan versi lengkap windows 10 dengan emulation yang dapat memungkinkan menjalankan aplikasi dekstop.

ARM adalah prosesor dengan jenis arsitektur yang berbeda dari arsitektur intel x86 dan x64 standart yang digunakan pada PC saat ini. PC ARM dengan power/daya yang rendah memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan yang standart. PC ARM memiliki konektifitas seluler LTE, pemggunaan baterai yang lebih baik/hemat dari CPU Intel dan AMD, dan perangkatnya yang lebih murah.

Windows RT yang lebih terbatas adalah kegagalan microsoft. Jadi pihak microsoft memutuskan untuk merilis versi lengkap windows 10 perangkat ARM yang dapat menjalankan aplikasi dekstop.

Windows 10 ARM dijalankan dengan prosesor smartphone. Prosesor yang digunakan tentunya merupakan perosesor arm yang cepat. Yang dimana microsoft bekerja sama dengan Qualcomm untuk membuat windows 10 ARM.

Menjalankan Program Dekstop

Tidak seperti windows RT yang berjalan dengan aplikasi khusus dan tidak dapat menjalankan aplikasi dekstop. Windows RT hanya bisa menjalankan aplikasi dari Windows 8 Store.

Berbeda dengan Windows 10 ARM, microsoft membuatnya dengan khusus yang dapat menjalankan aplikasi dekstop, seperti Adobe Photoshop. Microsoft telah memperkenalkan versi windows 10 profrssional di ARM, mengklaim bahwa OS ARM tersebut bisa menjalankan semua yang bisa dijalankan di windows 10 profesional.

Microsoft menjalankan photoshop pada Windows 10 ARM dengan sempurna pada prosesor qualcomm.

Tidak hanya sistem windows 10 yang dititu. Karnel driver dan semua program merupakan kode ARM. Aplikasi Universal Windows Platform (UWP) dari windows store juga merupakan program ARM asli.

Sementara windows 10 ARM dapat meniru aplikasi dektop, tapi tidak dapat meniru driver hardware untuk sistem windows x86/x64 PC. Microsoft akan mengembangkannya lagi supaya dapat mrndukungnya.

Untuk rilisnya HP dan ASUS sudah menawakan di HP Envy x2 dan ASUS NovaGO.

Itulah penjelasan mengenai windows 10 ARM, mungkin bisa dicoba walaupun performanya tidak secepat PC. Tapi kelebihan dari windows 10 ARM itu terasa praktis.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus