Mengatasi Windows Explorer Not Responding Tanpa Restart

Dalam menggunakan windows mungkin ada yang mengalami crash atau not responding pada windowsnya. Sehingga fungsi taskbar, start menu, file explorer, dekstop dan fitur lainnya tidak berfungsi, tapi beberapa aplikasi masih bisa berjalan dengan normal.

Sehingga ada yang mematikan atau merestart komputer / laptop memalui hardwarenya langsung, yang sebernarnya itu kurang efektif.

Fungsi pada windows tersebut dijalankan dengan windows explorer. Cara mengatasinya bisa dengan melakukan restart pada windows explorer, tanpa harus restart komputer dan harus memulai semuanya dari awal lagi.

Cara Mengatasi Windows Crash

Langkah pertama harus membuka task manager. Dengan menggunakan tombol pada keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan, atau bisa juga dengan menekan Ctrl + Alt + Delete dan pilih Task Manager.

Setelah terbuka, pada tab Processes cari program Windows Explorer, klik kanan kemudian pilih opsi Restart.

Tunggu, nanti windows yang not responding akan gelap atau mati dan akan berjalan lagi. Sekarang masalah sudah teratasi, dan tidak perlu harus merestart secara keseluruhan. Ini adalah cara yang efektif dan lebih cepat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus