Cara Masuk ke Windows Safe Mode Mudah dan Cepat

Biasanya jika masuk safe mode pasti ada masalah pada windows. Dan disini akan menjelaskan cara masuk ke safe mode dengan mudah. Tapi cara ini hanya bagi yang bisa masuk ke windows saja, artinya tidak ada kendala di bootingnya sampai selesai dan berjalan normal.

Cara ini bisa dilakukan atau bekerja pada windows 10, 8, 7 dan XP. Mungkin sekarang banyak yang sudah meninggalkan windows XP dan kebanyakan beralih ke windows 7 atau 10. Langkah ini menggunakan cara MSConfig atau system configuration yang berfungsi untuk mengatur aktivitas ketika startup windows, termasuk safe mode.

Membuka safe mode di windows

Langkah pertama kita buka MSConfig. Caranya buka Run. Run bisa dibuka dengan menekan tombol windows pada keyboard atau bisa juga buka start menu lalu ketikkan run atau untuk windows 10 klik kanan start menu pilih run.

Setelah terbuka ketikkan msconfig dan klik ok atau tekan enter di keyboard.

Catatan: Jangan membuat perubahan pada MSConfig jika belum ahli. Karena untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Klik menu kedua yaitu Boot. Pada bagian bawah ada boot option, klik/centang safe boot. dan bagian dibawahnya pilih Minimal untuk yang standart, seperti pada gambar di atas. Untuk yang Alternate shell, safe mode bisa yang bisa menjalankan command prompt (cmd). Dan untuk paling bawah itu ada Network yaitu safe mode yang bisa untuk akses internet. Tapi disarankan untuk memilih minimal, jika tidak membutuhkan cmd ataupun internet.

Klik OK kemudian akan diminta untuk melakukan restart. Klik Restart umtuk mulai ulang sekarang, atau exit whitout restart untuk merestart dengan manual dan restart nanti.

Setelah restart windows akan booting dengan safe mode.

PentingWindows akan selalu menjalankan safe mode. Dan jika telah selesai dengan safe mode maka harus mengembalikan settingan di MSConfig agar tidak booting terus ke safemode, yaitu menghilangkan centang pada safe mode pada MSConfig yang telah di setting tadi, dan restart. Lalu windows akan melakukan boobt dengan normal lagi.

Itulah cara untuk masuk ke safe mode dengan MSConfig. Sebenarnya ada juga cara lain, dan mungkin banyak yang menjelaskannya.

Tambahan: Jika ingin masuk ke safe mode yang windowsnya tidak bisa booting, bisa memperbaikinya dengan bootable windows. Ketika mau install dibagian bawah kiri setup akan ada repair computer. Jika ada masalah boleh bertanya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus