Command Prompt: Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Command Prompt adalah aplikasi perintah yang tersedia di semua sistem operasi windows.

Command Prompt digunakan untuk mengeksekisi perintah yang dimasukkan. Sebagian perintah tersebut digunakan untuk mengotomatisasi tugas perintah melalui script dan file batch, melakukan fungsi administratif lanjutan, dan mmemcahkan masalah windows.

Command Prompt bisa juga disebut dengan command shell, untuk singkatannya disebut CMD sesuai dengan namanya cmd.exe. Populernya disebut CMD atau Command Prompt.

Cara Membuka Command Prompt Mudah

Pada windows 7,8, dan 10 Command Prompt bisa dibuka dengan melakukan pencarian dengan mengetikkan "command" atau "cmd". Khusus untuk pengguna windows 8 Command Prompt tersedia di klik kanan start menu atau Windows + X.

Bagi pengguna windows 10 sebenarnya juga bisa seperti windows 8, karena di versi terbaru secara pengaturan default sudah digantikan dengan Windows PowerShell. Tapi itu bisa diubah kembali, seperti yang sudah dijelaskan di Command Prompt pada Taskbar Windows 10.

Letak lokasi Command Prompt berada di C:\Windows\System32\cmd.exe.

Cara Membuka Command Prompt Administrator

CMD juga bisa dijalankan dengan administrator, yang artinya memiliki hak akses perintah yang lebih leluasa dari pada cmd biasa.

Untuk menjalankan Command Prompt Administrator, pada saat melakukan pencarian jangan langsung dibuka, klik kanan dulu baru pilih opsi Run as administrator.

Cara Menggunakan Command Prompt (CMD)

Untuk menggunakan CMD harus menggunakan perintah yang valid. Jika tidak perintah akan gagal dan menampilkan letak kesalahan pada perintah, Contoh untuk cek licence windows menggunakan perintah slmgr /xpr, masukkan perintahnya dan tekan enter.

Biasanya ada tutorial di internet yang menggunakan Command Prompt lalu menerapkannya. Tapi jika terjadi kesalahan memerintahkan kode dan ingin menghentikannya, cukup tekan tombol keyboard Ctrl + C untuk membatalkan perintah Command Prompt.

Windows PowerShell, Apa itu?

Sekedar tambahan Windows PowerShell merupakan bahasa perintah yang lebih canggih dan lebih luas, ini tersedia di versi Windows Terbaru.

Dalam barbagai cara kemampuan, windows powershell bisa menjalankan perintah yang disediakan di Command Prompt. Perintah cmd bisa digunakan di powershell.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus