Tentang CPU atau Prosesor, Core, Kecepatan dan Lainnya

Central Processing Unit atau CPU adalah komponen komputer yang menafsirkan dan mengeksekusi sebagian besar perangkat keras dan perangkat lunak komputer lainnya. Komputer dekstop, laptop, tablet dan smartphone semuanya menggunakan CPU.

Intel dan AMD merupakan dua produsen CPU yang paling populer untuk komputer dekstop dan laptop. Sementara Mediatek dan Qualcomm untuk perangkat mobileSmartphone dan Tablet.

Nama yang berbeda dalam penyebutan istilah CPU, biasa disebut Prosesor atau Mikroprosesor.

CPU menempel langsung ke Socket CPU pada motherboard, yang dimasukkan dalam socketnya dan terdapat tuas kecil untuk mengunci CPU. Dalam memasang CPU haruslah berhati-hati. Ketika berjalan, CPU bisa menjadi panas maka diatasnya dipasang kipas yang berfungsi sebagai pendingin.

Kecepatan CPU - CLOCK Speed

CLOCK Speed adalah jumlah intruksi atau perintah yang bisa diolah dalam detik tertentu, Diukur dalam gigahertz (GHz).

Contoh: kecepatan 1 Hz bisa memproses satu intruksi. Dan jika CPU single-core mempunyai Clock Speed 3.0 GHz maka artinya dapat memproses 3 miliar intruksi setiap detiknya.

Jumlah Core CPU

Inti atau Core, beberapa CPU memiliki single-core (satu) sementara yang lain bisa sampai dual-core (dua), quad-core (empat) atau lebih. Jika dua core berarti memiliki CLOCK Speed yang terpisah dan secara bersamaan CPU dapat mengelola dua kali intruksi setiap detik, meningkatkan kinerja secara drastis.

Beberapa CPU mendukung Virtualization (virtualisasi) artinya dua core untuk setiap satu fisik core yang tersedia, yang kenal sebagai Hyper-Threading. Dengan Virtualization berarti jika, umpama CPU dengan empat core maka bisa berfungsi seolah-olah memiliki delapan core, inti cpu virtual itu disebut sebagai Separate Threads. Core fisik tentunya lebih baik dari yang virtual. Mungkin jika menjalankan software seperti emulator akan dibutuhkan dukungan Virtualization.

Hyper-Threading

Teknologi Multithreading atau Hyper-Threading maka bisa memperoses lebih banyak intruksi. Artinya dalam satu core memiliki dua threads yang bisa memahami lebih banyak intruksi dan diproses bersamaan.

Dalam penamaan CPU, Intel Core i7 bekerja lebih baik dari i5, core i5 bekerja lebih baik daripada i3.

Turbo Boost adalah teknologi yang ada pada Core i5 dan i7 yang memungkinkan prosesor untuk meningkatkan kecepatan clocknya melebihi kecepatan asli. Pada Core i3 tidak memiliki kemampuan ini.

CPU yang ditanamkan pada laptop berbeda dengan dekstop, untuk laptop CPU harus memiliki keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya. Untuk intel dibelakang namanya ditandai dengan kode U.

Baik CLOCK Speed maupun jumlah Core, merupakan salah satu faktor untuk menentukan CPU yang lebih baik. Untuk memilih CPU itu tergantung dari penggunaannya.

Cache

Komponen lain CPU adalah Cache, Cache CPU merupakan tempat penyimpanan sementara untuk data umum yang digunakan. Cache lebih cepat daripada menggunakan ram, karena merupakan bagian fisik dari prosesor.

Komputer yang menjalankan Operasi Sisrem 32-bit dan 64-bit tergantung pada ukuran unit data yang ditangani CPU. Memory lebih besar dan banyak dapat diakses sekaligus denagn prosesor 64-bit daripada 32-bit. Itulah kenapa aplikasi 64-bit tidak bisa berjalan pada sistem 32-bit.

Setiap Motherboard hanya mendukung jenis CPU tertentu, jadi perhatikan dan periksa motherboard ketika sebelum membelinya. Itulah pembahasan tentang CPU, semoga ini dapat menambah ilmu dan wawasan.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus