Teknologi Jaringan Internet 5G Lebih Cepat dan Stabil

5G kepanjangan dari Fifth Generation (generasi kelima), yang merupakan generasi berikutnya dari teknologi jaringan 4G. Tujuannya untuk membuat kominikasi semakin lebih cepat dan dapat diandalkan karena semakin banyaknya perangkat online. Tidak hanya kecepatannya saja yang lebih baik tapi juga memberikan cakupan yang lebih luas.

5G sangat cepat dan bisa saja dapat menggantikan jaringan kabel.

Spesifikasi 5G

5G memperbaiki beberapa komunikasi, dari kecepatan download dan upload. Spesifikasi 5G mencakup Spektrum yang luas, mulai dari 600 MHz dan 700MHz hingga gelombang milimeter 50 GHz.

Persyaratan minimim untuk 5G di tingkat data puncak. Denngan kata lain, kecepatan download dan upload minimun yang harus didukung pada masing-masing pemancar 5G.

  • Download: 20 Gb/detik (2.5 GB/detik)
  • Upload: 10 Gb/detik (1,25 GB/detik)

Angka diatas harus didukung pada menara stasiun 5G (tower). Kecepatan itu akan terbelah dan digunakan pada setiap pengguna yang terhubung ke stasiun yang sama, membuat setiap pengguna bisa mendapat kecepatan:

  • Download: 100 Mb/detik (1.25 MB/detik)
  • Upload: 50 Mb/detik (6.5 MB/detik)

Kecepatan ini bisa untuk mengunduh file 3 GB dalam waktu empat menit, upload file 1 GB kurang dari waktu tiga menit. Memang waktu yang cepat, kalau bagi saya 4G itu sudah sangat cepat.

Minimal, 5G akan mendukung 1 Juta perangkat untuk jarak kurang lebih setiap kilometer persegi (0.386 mil). Artinya bisa menghubungkan 1 Juta atau lebih perangkat ke internet secara bersamaan.

Selang waktu antara menara dan perangkat bisa membutuhkan waktu minimun 4 ms dengan kondisi yang terpenuhi (dari perangkat yang digunakan maupun kestabilan jaringan). Untuk 4G sendiri hanya kisaran 50-100 ms.

Apakah lebih hemat daya

Antarmuka akan dibangun dengan cepat untuk menyesuaikan pemuatannya (penggunaan). Bila tidak dalam penggunaan, maka akan tutun ke daya yang lebih rendah dengan waktu kurang lebih 10 ms. Dan menyesuaikan kembali secepat mungkin dengan daya yang dibutuhkan.

5G sekarang sudah ada di amerika dan telah melakukan perluasan disana. Untuk indonesia sendiri tidak diketahui kapan bisa menggunakannya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus