Meltdown dan Specter Bug Berbahaya Prosesor Intel AMD dan ARM

Prosesor memiliki kelemahan BUG cacat yang serius. Kekurangan ini berdampak bisa melakukan pencurian data sensitif, termasuk informasi password, perbankan dan data-data lain. Ini telah ditemukan pada prosesor yang dirancang oleh Intel, AMD dan ARM. Bug ini bernama Meltdown dan Spectter.

Meltdown dan Spectter ditemukan oleh riset keamanan di Google's Zero Proyek dan periset akademis dan industri di beberapa negara. Bug ini bisa menyerang hampir pada semua perangkat komputer/laptop, smartphone, tablet dan teknologi dari semua vendor. Dan juga bisa berjalan pada hampir semua sistem operasi.

Ini adalah salah satu bug komputer terburuk yang pernah ditemukan, karena bisa menyerang semuanya.

Apa itu Meltdown dan Specter?

Meltdown adalah celah keamanan di prosesor yang bisa membuat attacker mampu membobol isolasi antara OS dan aplikasi, dengan membaca seluruh data memori yang tersimpan.

Sedangkan, Specter adalah celah keamanan di prosesor yang bisa membuat attacker mampu membobol isolasi antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya, dengan menipu aplikasi lain yang sudah aman tanpa error. Tujuannya untuk membocorkan data penting dari aplikasi yang ditipu.

Inti dari kedua bug Meltdown dan Specter ialah dapat mengakses memori cache tang terletak didalam CPU. Hampir semua sistem operasi termasuk windows, mac, ios, android, linux bisa terkena bug ini.

Mendeteksi Meltdown dan Specter

Dikarenakan Meltdown dan Specter tidak meninggalkan jejak apapun pada file log. Jadi tidak diketahui apakah perangkat terserang atau tidak.

Meltdown dan Specter sulit dibedakan dengan apliaksi terpercaya. Sehingga antivirus sendiri tidak dapat mendeteksinya. Sebenarnya bisa tapi harus perlu membandingkan sampel binary malware yang telah diketahui.

Patch Meltdown dan Specter

Patch untuk mengatasi bulu gini, microsoft telah merilisnya pada Windows 10 dengan update KB4056892. Dan Setelah itu baru windows 7 dan 8. Untuk linux juga telah tersedia.

Dengan pembaruan patch ini, dikatakan akan berdampak pada performa pc/laptop. Performa akan menurun beberapa persen, dan mungkin tidak akan terasa ketika beraktivitas sehari-hari.

Dan penjelasan google untuk android sendiri telah terlindungi, bagi yang telah mengupdate keamanan terbaru.

Inilah video bagaimana serangan Meltdown dan Specter saat di eksekusi.

Sekian, dan itulah penjelasan singkat seputar cacat keamanan serius yang telah pada perangkat teknologi, dan menjadi perbincangan di awal 2018.

Komentar
Disqus