Mengatasi Patch Meltdown dan Specter yang Memperlambat PC

Patch windows untuk Meltdown dan Specter bisa memperlambat PC. Pada PC yang menjalankan windows 10, mungkin tidak merasakan perlambatannya. Tapi untuk PC dengan prosesor lama, utamanya yang menjalankan windows 7 atau 8 akan merasakan perlambatannya. Maka, inilah cara agar PC lebih cepat setelah mengamankan dari Meltdown dan Specter.

Sangat disarankan untuk memasang patch. Serangan Meltdown dan Specter itu berbahaya. Windows, MacOS, Linux, Android, iOS, dan Chrome OS telah diperbaiki untuk serangan ini. Untuk mengatasi PC yang lemot setelah update patch Meltdown dan Specter, bisa dengan cara ini.

Upgrade ke Windows 10, Jika Menggunakan Windows 7 Atau 8

Patch Meltdown dan Specter memiliki kinerja lebih baik pada OS windows 10. Karena sistem windows 10 memiliki kinerja yang baik, seperti yang dijelaskan microsoft.

With Windows 10 on older silicon (2015-era PCs with Haswell or older CPU), some benchmarks show more significant slowdowns, and we expect that some users will notice a decrease in system performance. With Windows 8 and Windows 7 on older silicon (2015-era PCs with Haswell or older CPU), we expect most users to notice a decrease in system performance.

Artinya:

Dengan Windows 10 pada silikon yang lebih tua/lama (PC era 2015 dengan CPU Haswell atau yang lebih tua), beberapa tolok ukur menunjukkan penurunan yang lebih signifikan, dan kami berharap beberapa pengguna akan melihat penurunan kinerja sistem.

Dengan Windows 8 dan Windows 7 pada silikon yang lebih tua/lama (PC era 2015 dengan CPU Haswell atau yang lebih tua), kami berharap sebagian besar pengguna melihat adanya penurunan kinerja sistem.

Pada Hardware yang sama. Windows 7 atau 8 akan mengalami perlambatan, dan tidak pada windows 10. Microsoft juga menjelaskan bahwa: Versi windows lawas memiliki dampak kinerja yang lebih besar, karena windows 7 dan 8 memiliki banyak transmisi. Seperti rendering Font pada kernel. Windows 10 adalah perangkat lunak lebih baru, dan memiliki banyak pengoptimalan yang tidak dimiliki windows 7 dan 8.

Upgrade Hardware Prosesor

Tentunya dengan mengganti prosesor baru yang lebih cepat akan meningkatkan performa PC. Pada prosesor lama akan menurunkan performa, walaupun sebenarnya semuanya dapat dipercepat dengan upgrade ke Windows 10. Intinya adalah memperbaruinya ke windows 10, jika hardware telah di upgrade, maka tentunya akan lebih cepat lagi jika menggunakan windows 10.

Untuk cek apakah performa PC windows diperlambat atau tidak setelah install patch Meltdown dan Specter, bisa menggunakan Tool yang bisa di unduh di halaman InSpectre (klik tombol Download now). Buka tollnya, jika pada performance menunjukkan GOOD, maka performa PC baik. Dan jika menunjukkan SLOWER, maka performanya diperlambat.

Tool ini juga bisa untuk cek apakah PC sudah aman dari serangan Meltdown dan Specter. Jika pada Vulnerable menunjukkan NO, maka PC aman. Dan jika menunjukkan YES, maka PC tidak aman. Untuk Spectre akan menunjukkan NO setelah melakukan update firmware.

Cara Mematikan Patch Meltdown dan Specter

Sebenarnya Windows juga memungkinkan untuk menonaktifkan proteksi Meltdown dan Specter setelah menginstall patch, dan akan membuat PC rentan terhadap serangan ini.

PERINGATAN: Sebaiknya jangan mematikan proteksi ini, apalagi jika pada tabel tool InSpectre, performanya menunjukkan GOOD.

Untuk menonaktifkan patch Meltdown dan Specter bisa menggunakan Tool InSpectre. Klik kanan file InSpectre lalu pilih "Run as Administrator". Kemudian klik tombol "Disable Meltdown Protection", dan klik tombol "Disable Spectre Protection" untuk menon aktifkan proteksi. Untuk menghidupkan lagi gunakan kembali tool InSpectre.

PERINGATAN: Disarankan untuk tidak mematikan proteksi ini, apalagi jika pada tabel tool InSpectre performanya menunjukkan GOOD. Tapi jika PC menggunakan windows 7 atau 8 akan terasa lebih lambat, hal terbaik yang dapat dilakukan ialah mengupgradenya ke windows 10.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus