Kenapa Xiaomi Murah! Mengapa? Ini Alasannya

Brand terkenal asal tiongkok/cina yaitu Xiaomi, berdiri sejak 2010, dengan logo MI (Mobile Internet). Popularitas xiaomi semakin meningkat setiap tahunnya. Dan yang sangat menarik dari produk mereka adalah smartphone murah spesifikasi tinggi.

Contohnya saja Xiaomi Redmi 5A, saat pertama kali masuk ke indonesia mereka berani menjual dengan harga 999 ribu. Dengan spesifikasi kamera 12MP, memory 16GB, ram 2GB, dengan prosesor Snapdragon 425 yang menghasilkan benchmark Antutu 36.000-an. Mungkin tidak ada smartphone lain yang memiliki hardware sekelasnya dengan harga sama.

Harga Smartphone Xiaomi Murah Padahal Spek Tinggi

Xiaomi menggunakan bisnis dengan cerdas dan pintar, yang hasilnya dapat menjual smartphone dengan harga murah dan spesifikasi tinggi. Berikut adalah cara bisnis Xiaomi.

Tidak Beriklan

Bukan berarti tidak pernah promosi dengan iklan, tapi mereka juga pernah beriklan. Bedanya Xiaomi beriklan dengan biaya sedikit, tidak seperti yang lain. Contohnya saja harga samsung samsung kwrena rela mengeluarkan biaya besar untuk mempromosikan produk mereka.

Xiaomi mengandalkan media sosial dan para fans untuk memperkenalkan produknya secara bertahap (sedikit demi desikit). Hasilnya produk mereka bisa terkenal dengan dana yang sangat sedikit.

Pemasaran Produk

Xiaomi mengurangi dana penjualan dengan memasarkan produk secara online (e-commerce). Untuk offline store xiaomi tidak semua kota ada. Produk bergaransi resmi xiaomi dijual di e-commerce lazada dan erafone dengan penjualan flash sale.

Penjualan Cepat & Terbatas

Menjual dengan produk yang terbatas dapat menekan biaya pemeriharaan dan penyimpanan. Produk yang dijualpun akan lebih cepat terjual semua dengan penjualan flash sale. Tapi munkin akan ada yang mengeluh karena kehabisan stock tidak mendapatkan produknya.

Dalam sekali flash sale, produknya bisa ludes terjual dalam waktu beberapa menit.

Kerjasama Startegis

Xiaomi memiliki hubungan yang baik dengan para penyuplai hardware. Hasilnya xiaomi mendapat pasokan hardware dengan harga murah. Banyak mitra besar yang bekerja sama seperti halnya Qualcomm, oleh sebab itu rata-rata smartphone xiaomi menggunakan prosesor snapdragon.

Dari penjualan yang murah, xaiomi sendiri mendapatkan keuntungan yang relatif kecil. Tapi mereka juga masih mendapat keuntungan dari penjualan produk lain yang mereka jual, contohnya payung, TV, Power Bank, dan lainnya.

Itulah penjelasan mengapa smartphone xiaomi yang memiliki spesifikasi tinggi itu sangat murah dibanding dengan smartphone merek lainnya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus