WPA3 Keamanan WIFI Baru Yang Lebih Baik dan Aman

WPA3 merupakan standart keamanan WiFi yang akan menggantikan WPA2. Dengan keamanan baru ini WiFi akan sulit untuk di-hack atau di-bobol.

Apa itu WPA2 dan WPA3

WPA adalah kepanjangan dari WiFi Protected Access. WPA sediri juga disebut dengan WPA1, dan sekarang sudah tidak aman lagi. Di standart versi kedua ada WPA2 yang umumnya banyak digunakan pada keamanan WiFi dan cukup aman.

WPA2 menggunakan implementasi Enkripsi AES yang kuat dan itulah yang membuatnya cukup sulit untuk di Crack. WPA2 telah menjadi standar keamanan yang cukup baik, sejak 2004. Dan WPA3 adalah keamanan baru yang memperbaiki protokol WPA2 dengan lebih banyak fitur keamanan.

Apa Bedanya Antara WPA3 Dengan WPA2

WPA3 memiliki 4 fitur keamanan yang tidak dimiliki pada WPA2. Dan inilah empat fitur yang ada pada WPA3.

Privasi di Jaringan WiFi Publik

WPA3 memperbaiki banyak hal dengan enkripsi data individual. Saat terhubung ke wifi, lalu lintas komunikasi antara perangkat (pengguna) dan jalur akses WiFi (modem router) akan dienkripsi. Sehingga tidak akan diketahui pengguna wifi lain. Ini akan membuat publik (pengguna) untuk membuka jaringan WiFi pribadi.

Perlindungan Serangan Brute-Force

Saat perangkat menghubungkan ke wifi, perangkat akan melakukan jabat tangan yang memastikan bahwa perangkat menggunakan frasa sandi/pasword dengan benar untuk terhubung dan menegosiasikan enkripsi yang akan digunakan untuk mengamankan sambungan. Dalam jabat tangan ini rentan terhadap serangna crack pada tahun 2017, walaupun perangkat WPA sudah diperbaiki dengan pembaruan.

WPA3 mendefinisikan jabat tangan baru yang akan memberikan perlindungan kuat. Contoh ketika router menggunakan kata sandi yang lemah, dengan WPA3 akan melindungi serangan brute force, dimana klien mencoba menebak sandi berulang-ulang.

Proses koneksi yang lebih mudah untuk perangkat tanpa display

Ini untuk mempermudah menghubungkan perangkat yang tidak memiliki papan ketik atau keyboard ke wifi. Seperti google home dengan smart outlet dan lampu bisa terhubung ke jaringan wifi. Memang teknologi semakin canggih, jadi wajar aja.

Keamanan yang Lebih Tinggi

WPA2 menyertakan 192-bit Security. Ini ditujukan untuk aplikasi pemerintah, pertahanan, dan industri.

Itulah tentang pengaman baru WPA3 pada wifi, mungkin alasan mennggunakan WPA3 ada pada privasi jaringan publik dan perlindungan brute-force, karena itu yang kebanyakan memerlukannya, dan sekian.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus