Mengembalikan Semua Data Bookmark yang Terhapus di Chrome & Firefox

Baik Chrome dan firefox dapat memulihkan bookmark yang telah terhapus atau yang hilang. File chrome yang cadangan bookmark tempatnya tersembunyi, dan hanya bisa mengembalikan file backup secara manual.

Firefox melakukan backup bookmark otomatis secara teratur untuk berjaga-jaga ketika bookmark terhapus atau hilang. Firefox menyimpan backup kurang lebih satu bulan dan memungkinkan untuk dengan mudah mengembalikan bookmark tanpa ribet seperti chrome.

Cara Mengembalikan Bookmark Google Chrome

Pada chrome, bookmark hanya ada satu pilihan file cadangan, yang pengambilannya disaat terakhir membuka browser. Dan bookmark yang dicadangkan adalah pecadanganan terakhir kali membuka chrome, jadi jika bookmark sudah lama tidak bisa dikembalikan lagi. Jika telah membuat cadangan (ekspor), maka bisa mengimpor cadangan tersebut.

Hal yang pertama. Jika menghapus bookmark, tutup chrome dan jangan membukanya kembali. Jika sudah tertutup, biarkan saja tertutup.

Pertama File Explorer dan masukkan (tanda panah) lokasi berikut pada bilah alamat, ganti NAMA_PC dengan akun windows.

C:\Users\NAMA_PC\AppData\Local\Google\Chrome\User Data\Default

Pada folder itu berisi dua file bookmark. Bookmark.bak adalah backup terbaru, diambil disaat trerakhir membuka chrome.

Ganti nama Bookmarks menjadi Bookmarks.old, file ini merupakan bookmark yang sedang dipakai. Bisa juga dihapus. Kemudian, ganti nama file Bookmarks.bak dengan Bookmarks saja (hapus .bak).

Buka chrome (file Bookmarks.bak akan dibuat lagi). Dan lihat apakah bookmark pada chrome kembali. Perhatian Bookmark yang baru akan hilang, diganti dengan bookmark lama.

Cara Mengembalikan Bookmark Bookmark Mozilla Firefox

Dalam browser firefox jauh lebih mudah. Buka Jendela Bookmark dengan menekan tombol Ctrl + Shift + B.

Jika baru menghapus bookmark bisa tekan Ctrl + Z untuk mengembalikan yang baru saja dihapus. Dan untuk mengembalikan data di waktu-waktu terakhir menggunakan firefox (bisa beberapa hari yang lalu).

Pada menu atas klik Import dan Cadangan, lalu Kembalikan, dan pilih di tanggal backup yang tersimpan. Ingat ini akan menggantikan/menghapus bookmark yang ada, menjadi bookmark yang cadangan yang dipilih.

Untuk mneghindari kehilangan bookmark yang baru disimpan bisa melakukan ekspor dulu.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus