Cara Agar Blog Cepat Diterima Google Adsense itu Mudah

Pengalaman pertama kali mendaftar akun adsense memakai domain TLD langsung diterima dalam sekali daftar. Jika sebelumnya hanya mencoba mendaftar dengan domain hosted (blogspot.com) sering tidak diterima-terima – di tolak berkali kali.

Dari pengalaman itu, rasanya jika menggunakan top level domain persentase untuk diterima sangat lebih besar. Berikut adalah tips dari ManKoin supaya bisa disetujui oleh Google Adsense dalam sekali review.

Cara Cepat Diterima (Approve) Google Adsense

Kriteria Konten

Tidak hanya domainnya saja, pastikan juga mengutamakan konten. Gunakan konten yang asli dan unik, artinya konten yang disediakan tidak ada kesamaan dari konten blog lain (istilahnya duplikat konten). Tujuannya agar konten yang disediakan memadai dan tidak ada penolakan "konten tidak memadai". Dan juga konten yang bermanfaat, tidak seperti konten artikel yang membahas soal j*di, barang terlarang konten d*w*sa.

Untuk jumlah konten tergantung dari isi kontennya. Jika isi dari sebuah konten memiliki jumlah kata yang banyak, sekaligus tidak banyak blog yang membahasnya. Mungkin dapat diterima dengan jumlah konten sedikit.

Jika tidak usahakan saja buat konten unik dan banyak kisaran 30 atau 40-an. Jumlah kata pada beberapa konten (antara 5-10) usahakan ada yang memiliki 500 atau lebih dan untuk yang lain boleh 300 saja.

Jangan menggunakan banyak heading gunakan saja secukupnya atau sewajarnya saja dari jumlah kata pada konten.

Supaya tidak ada penolakan "hanya berisi judul atau gambar". Jangan menggunakan banyak gambar. Jika terlanjur bisa edit kembali dan menaruh tombol show hide gambar. Karena Blog Mankoin terdapat artikel yang memiliki banyak gambar, akhirnya menerapkan tombol show/hide.

Template Agar Diterima Adsense

Untuk template yang digunakan usahakan yang simpel dan memiliki struktur yang baik. Memiliki navigasi untuk link laman dan link label (seperti https://www.mankoin.blog/search/label/Blogger dibolehkan). Yang penting bagaimana supaya pengunjung nyaman.

Simpel dan jangan terlalu berlebihan. Karena jika sebuah website atau blog itu berlebih-lebihan maka dapat memperburuk sebuah situs itu sendiri. Jadi blog harus di atur sesederhana dari tampilan dan navigasinya.

Contohnya saja Google simpel, selalu memberikan kemudahan dan kesederhanaan kepada penggunanya – dan itu adalah kesukaan Google. Apalagi jika kita ingin mendaftarkan Blog ke layanan Adsense tentunya akan lebih cepat diterimanya jika menirunya (yaitu dengan mengatur blog dengan konsep kesederhanaan) supaya disukai oleh Google.

Google sendiri menyediakan template blogger baru yang bersih dan responsive, – Contempo, Soho, Emporio, Terkemuka. Dan template ini sangat bagus digunakan untuk mendaftar adsense.

Pasang widget yang cukup dan ringan di antataranya populer post, label, dan artikel terbaru. Widget ini bertujuan untuk menyediakan artikel kepada pengunjung. Supaya ketika di review oleh tim Google blog melakukan penyediaan konten yang baik.

Dan satu lagi usahakan jangan menggunakan sticky sidebar. Untuk halaman homepage tidak harus menampilkan descripsi artikel dengan banyak, cukup beberapa cuplik saja.

Disarankan memiliki struktur template HTML yang baik

Tujuan memiliki struktur yang baik ialah supaya iklan dapat muncul di blog. Karena script JS adsense akan menyelipkan/menaruh iklan pada blog secara otomatis tanpa harus memasang unit iklan. Blog ini dapat menampilkan iklan secara otomatis, jika unit iklan yang di pasang sedikit dan koneksi internet yang cepat.

Dan itulah mengapa di proses persetujuan Adsense blog ini hanya sekali review, jadi tanpa harus menyuruh menaruh unit iklan di blog.

Template kurang lebih sama seperti yang digunakan blog ini (dulunya), tapi sekarang template ini sudah berbeda dengan ketika mendaftar adsense. Ketika didaftarkan Blog ini menggunakan AMP. Walaupun ada error setelah memasukkan kode adsense, ini tidak akan berpengaruh terhadap pendaftaran Adsense.

Ketika Mendaftar Adsense

Pendaftaran pertama kali blog mankoin menggunakan domain TLD yang baru berumur 1 mingguan, dan setidaknya menunggu sampai kurang lebih semua artikel terindeks di pencarian google. Jika Anda ingin mendaftar dan bisa diterima cobalah untuk menggunakan domain TLD.

Tujuannya apa, dengan domain sendiri atau TLD menunjukkan kalau blog yang didaftarkan serius untuk di pelihara dan dijaga. Bukan sekedar gratisan, karena gratis akan menunjukkan hanya sekedar nulis ketik-ketik saja. Tapi menurut saya terkecuali jika blognya bermanfaat dengan ciri-ciri ramai pengunjung dan memiliki banyak artikel.

Walaupun harga domainnya murah tidak apa-apa, yang penting berbayar. Jika merasa kerepotan untuk membayar domain, Anda dapat mencoba mendaftar domain di Exabytes, karena pembayarannya bisa melalui Alfamart.

Gunakan browser yang fresh, caranya dengan menghapus semua data seperti data akun riwayat dan lainnya.

Ketika mendaftar mungkin akan lebih baik jika langsung masuk adsense dari pencarian atau iklan, dan bukan link referal dari halaman blog. Seperti dari hasil pencarian di google dengan kata kunci "mendaftar adsense". Atau bisa juga dari link iklan yang tayang.

Waktu Tunggu Peninjauan Google Adsense

Ketika menunggu persetujuan, perkiraan dan keyakinan saya pendaftaran adsense pasti diterima. Ternyata menunggu pesan dari adsensenya lama, jadi kepikiran pasti diterima karena waktu yang cukup lama, berbeda dari sebelumnya (tanpa TLD). Dan kepikiran pasti ditolak karena Email balasannya lama.

Tapi ternyata Waktu yang lama menunggu itu bisa jadi pertanda kalau adsense-nya diterima. Hasilnya di email ada pesan dari Google Adsense kalau Blog Mankoin disetujui sebagai publisher. Waktu untuk menunggu balasan Adsense ialah satu minggu lebih 18 jam.

Kata blogger lain memang google adsense indonesia lebih lama diterimanya, tidak seperti adsense di luar yang cuma tiga hari. Mereka mendapatkan infonya itu dari grup di luar negeri. Tapi mungkin saja ada blogger lain indonesia yang diterima dalam waktu kurang dari tujuh hari.

Dari perkiraan saya Blog dengan trafik yang tinggi ketika di daftarkan adsense akan lebih cepat mendapatkan email balasan dari Google. Karena iklan sudah dicoba ditampilkan dengan data yang cukup.

Sudah panjang dan benyak kata yang diketik. Tapi itulah pengalaman saya dan semoga ini bermanfaat. Jika ada kurangnya bisa bertanya dan admin akan menjawab serta melakukan update pada artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus