Software Ekstrak Dan Compress File Terbaik

Bagi pengguna windows, mungkin perlu menginstall tool software untuk membuat dan mengekstrak (Extract) file arsip. Fitur kompresi pada windows hanya didukung untuk file ZIP. Namun tool pihak ketiga lebih mendukung bannyak format seperti RAR dan 7z. Dan juga memiliki fitur enkripsi untuk melindungi arsip dengan aman menggunakan password.

Tool untuk mengelola file arsip ada bermacam pilihan. Diantaranya memiliki kelebihan dan kekurangan, disini ada beberapa dari yang terbaik dan bisa dicoba.

7-Zip

WinRAR sangat populer, tapi ini memiliki trial dan berbayar. Rekomendasi dan alternatifnya ialah 7-Zip, walaupun kalah populer dengan WinRAR. 7-Zip adalah aplikasi open-source yang bebas digunakan (gratis), berukuran kecil dan menawarkan kompresi terbaik (yang lebih baik dari WinRAR).

7-Zip mendukung berbagai jenis arsip yang berbeda. 7-Zip dapat membuat dan mengekstrak file 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM. Dan dapat mengekstrak (tidak membuat) file APK, AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VMDK, WIM, XAR and Z.

Format 7z memiliki tingkat kompresi tertinggi, namun juga bisa memilih ZIP sebagai kompatibilitas yang paling banyak. 7-Zip juga terintegrasi dengan windows explorer, sehingga mudah untuk menggunakannya dengan klik kanan.

Download 7-ZipSaat mengkompresi file ZIP datau 7z dapat mengenkerisi file dengan Enkripsi AES-256 yang aman. Tema yang digunakan 7-Zip terlihat sederhana. Jika ingin mengubah tampilannya bisa menggunakan 7-Zip Theme Manager.

PeaZip

Alternatif selanjutnya yang gratis ialah PeaZip, aplikasi open source. PeaZip memiliki tampilan antarmuka yang modern. Fiturnya tidak kalah dengan yang lain, dan juga memiliki hasil kompresi yang baik, walaupun tidak sebaik 7-Zip.

PeaZip menawarkan dukungan untuk format arsip, seperti ZIPX dan ARC, format yang lebih baru yang tidak ada pada 7-Zip. Dan juga memiliki fitur Enkripsi AES-256 yang aman.

Download PeaZip.

Windows-Built ZIP

Fitur yang sudah pada windows. Ini hanya mendukung file ZIP saja. Windows dapat membuat dan mengekstrak arsip ZIP, tapi tidak dapat mengenkripsi Arsip Zip.

Untuk membuat arsip ZIP dengan windows, caranya: Klik kanan pada file (yang akan di arsipkan) > Send to > dan pilih Compressed (zipped) folder, dan beri/ganti nama arsipnya.

Untuk mengekstrak, klik kanan file ZIP lalu pilih Extract All.

Software diatas adalah pilihan terbaik, ringan dengan ukuran yang kecil dan hasil yang baik.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus