Jeruk Dekopon Cari Tahu apa hih Keunikannya

Jeruk Dekopon, buah yang bentuk lebih besar dari jeruk biasa dan kulit yang lebih tebal. Jeruk ini berasal dari persilangan antara dua jenis jeruk terbaik di dunia yaitu jeruk ponkam asal tiongkok dan jeruk kiyomi asal jepang.

Dalam cara pembudidayaan jeruk dekopon tidak dengan biji tapi menggunakan teknik okulasi yaitu menyatukan entris (mata tunas) dengan pohon lain. Salah satu tempat budidayanya, di daerah lembang jawa barat. Dan kurang lebih akan berbuah dua tahun setelah proses okulasi, dan dapat berbuah selama 20 tahun.

Harga

Jeruk ini merupakan salah satu jenis jeruk termahal di jepang, dengan harga kisaran antara 60 hingga 80 ribu rupiah per Kilogram.

Uniknya dengan persilangan jeruk ponkam yang manis dan tanpa biji dengan jeruk kiyomi yang berukuran jumbo bisa menghasilkan jeruk dekopon yang berukuran besar daging buah yang manis dan tanpa biji. Jadi itulah kenapa jeruk dekopon pembudidayaannya dengan teknik okulasi.

Dibalik urukan jumbonya jeruk dekopon Vitamin C yang lebih banyak dari jeruk yang lainnya dan tentu dengan rasa yang manis dan lebih segar. Yang dapat mendrongkrak semangat dan supaya tersus bergairah.

Satu lagi yang unik, kulit jeruk dekopon bisa juga dimanfaatkan, karena tebal dan gak pahit kulit ini bisa untuk menjadi bahan campuran makanan, seperti kek dengan cara dihaluskan terlebih dulu kulit jeruknya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus