Mengatasi/Memperbaiki Ethernet Tidak Bisa Terhubung ke Internet

Bagi yang perangkat PC atau Laptop terhubung ke internet dengan menggunakan jaringan kabel (Ethernet) kemungkinan bisa mengalami masalah, salah satunya kabel lan konek tapi tidak bisa internet. Ini ditunjukkan pada network di tray icon (taksbar kanan bawah) yang terdapat segitiga warna kuning, yang artinya tidak dapat menghubungkan ke internet.

Tapi jika network terdapat tanda silang merah, artinya komputer tidak mendeteksi koneksi menuju internet. Cek apakah kabel terhubung dengan benar, lalu cek drivernya.

Mengatasi Network Kabel Tidak Terhubung Internet

Untuk mengatasinya, pertama coba lakukan analisis jaringan network, caranya: Klik kanan pada icon network taskbar, kemudian pilih, Troubleshoot problems.Dan Windows akan melakukan pengecekan dan mengidentifikasi jaringan.

Setelah teridentifikasi akan ada info permasalahan, contohnya saja jika dns tidak merespon. klik tombol fix untuk memperbaiki. Kemungkinan akan mereset jaringan, artinya data pada jaringan Ethernet akan disetel ulang seperti dari awal.

Tapi biasanya diharuskan merestart modem, tergantung dari permasalahan. Untuk merestartnya bisa melalui tombol on/off (matikan dan tunggu beberapa saat kemudian hidupkan lagi). Atau bisa juga dengan masuk ke halaman konfigurasi router, dan merebootnya (restart).

Koneksi Ethernet Tidak Terdetesi

Jika tiba-tiba mati dan ada tanda silang pada icon network. Kemungkinan drivernya, coba cek untuk menginstall driver kembali, sesuai dengan driver pada mainboard. Setelah selesai install, restart kembali komputer.

Menghubungkan Komputer Laptop dengan Ethernet Gagal

Sebenarnya hanya cukup dengan menancapkan kabel Ethernet saja sudah cukup. Tapi jika baru pertama kali menggunakan, dan tidak dapat terhubung ke internet. Kemungkinan permasalahan terletak pada drivernya, cobalah untuk install driver.

Dan itulah semoga bisa membantu.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus