Mengenal Semua Tentang Microsoft Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi yang paling baru dari Microsoft Windows.

Windows 10 memperkenalkan Start Menu telah diperbarui, metode login baru, takbar yang lebih baik, notification center (pusat pemberiyahuan), dukungan virtual dekstop, browser Edge dan update alinnya.

Windows 10 menggantikan windows 8 dan saat ini merupakan versi terbaru dari windows yang tersedia. Windows 9 itu tidak ada, dan jika menjumpai download windows 9 kemungkinan besar itu pasti hanyalah virus. Karena microsoft tidak pernah merilisnya. Begitu pula dengan windows 11 atau windows 12.

Jadi windows 10 merupakan versi windows yang terakhir, dan akan terus memperbaruinya dengan update-update terbaru. Update bisa berupa perbaikan masalah, performa dan penambahan atau pengurangan fitur baru.

Untuk Update Besar pada Windows 10 merupakan jenis yang baru, contohnya pada April 2018 updatenya bernama Windows 10 April 2018 Update. Dalam update besar pada windows 10 tentunya akan mengusung berbagai perbaikan dan perubahan.

Tentunya sebelum merilis jenis edisi tersebut ada percobaannya yang disebut Insider Preview. Versi insider preview ini belum stabil dan masih ada banyak bug atau permasalahan.

Edisi Windows 10

Ada dua versi windows 10 yaitu Home dan Pro (umum). Windows 10 bisa dibeli langsung dari Microsoft atau pengecer dengan online.

Beberapa edisi tambahan tidak disediakan langsung oleh microsoft, diantaranya Windows 10 Mobile, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Enterprise Mobile, dan Windows 10 Education.

Jenis lain, Windows 10 S adalah sistem yang hanya bisa untuk menjalankan aplikasi UWP (Universal Windows Platform). Artinya hanya aplikasi berbasis Store yang bisa berjalan, aplikasi dekstop seperti winrar, browser chrome, firefox dan lainnya tidak bisa berjalan.

Persyaratan Sistem Minimum Windows 10

Perangkat keras (hardware) dalam Spesifikasi minimum untuk menjalankan windows 10 ialah:

  • CPU: 1 GHz
  • RAM: 1 GB dan (2 GB untuk versi 64-bit)
  • Hard Drive: 16 GB free space (20 GB free untuk versi 64-bit)
  • Graphics: GPU mendukung Directx 9 dengan driver WDDM

Info Lebih Tentang Windows 10

Microsoft menyertakan Shell Bash di windows 10, yang merupakan perintah yang terdapat pada Linux. Hal ini memungkinkan beberapa aplikasi linux berjalan dalam windows 10.

Start Menu baru lebih keren, yang merupakan perpaduan antara start menu windows 7 dan windows 8.

Pusat pemberitahuan atau notifications center, mirip seperti pada perangkat selulaer dan operasi lain seperti MacOS dan Ubuntu.

Pastinya ada beberapa alasan bagi yang menggunakan windows sebelumnya untuk beralih ke windows 10.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus