Cara Screenshot untuk Mengambil Gambar di Layar Komputer

Cara mengambil gambar pada layar monitor yang tampil. Bagi kalian yang pengguna baru dan masih belum tau banyak tentang komputer mungkin masih bingung untuk bagaimana cara melakukan sesuatu yang diinginkan. Cara untuk mengambil gambar pada layar monitor biasa disebut dengan Screenshot.

Untuk caranya kalian bisa menggunakan tombol keyboard ataupun dengan menggunakan tool yang telah disediakan oleh microsoft.

Cara Screenshot Menggunakan Keyboard

Cara ini akan mengambil gambar pada seluruh layar monitor. Kalian hanya perlu menekan tombol Print Screen pada keyboard, letaknya sekitar bagian kanan atas keyboard. Dan seketika itu gambar telah berada pada Clipboard atau telah di copy. Lalu menempelkannya di aplikasi apa pun.

Untuk menaruh filenya cukup mempastekan dengan Ctrl + V untuk keyboard atau klik kanan paste untuk mouse pada aplikasi, seperti Corel, Microsoft Word atau lainnya.

Jika tidak ingin menangkap seluruh layar bisa menggunakan Alt + Print Screen hanya untuk jendela yang aktif . Dan Win + Shift + S untuk menangkap bagian layar tertentu. Lalu gambar telah berada pada Clipboard.

Cara Mencari Hasil print screen Windows 10

Bagi pengguna Windows 10 dengan menekan Win + Print Screen secara otomatis file Screenshot layar penuh akan disimpan pada folder library Pictures > Screenshots.

Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Dengan Snipping Tool Screenshot bisa dilakukan pada.

  • Windows tertentu.
  • Bagian layar tertentu dengan bentuk persegi.
  • bagian yang di pilih/gerakkan oleh mouse.
  • Serta dapat menjeda waktu untuk mengaktifkan Screenshot.

Pertama cari aplikasinya, buka start menu kemudian ketikkan "snipping tool" klik aplikasinya yang icon bergambar gunting.

Keterangan tombol.

  • New: Untuk melakukan Screenshot
  • Mode: Pilih cara untuk Screenshot ada pengambilan bebas (free), bentuk persegi (rectangular), hanya pada aplikasi tertentu (Windows), atau seluruh layar penuh (fullscren).
  • Delay: Mengatur waktu screenshot diaktifkan.
  • Options: Pengaturan aplikasi snipping tool.

Pilih Mode, klik New, dan lakukan pengambilan gambar. Untuk kembali atau membatalkan, tekan Esc pada keyboard.

Kedua hasil screenshot, gambar bisa di coret-coret dulu atau langsung simpan dengan klik tombol Save Snip (di kanannya Delay). Tapi jika pengambilan gambar belum sesuai keinginan, klik New untuk melakukan screenshot lagi.

Mudah kan dan tidak perlu memasang software pihak ketiga.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus