Apa itu OS Fuchsia, Sistem Operasi Baru dari Google

Fuchsia sistem operasi baru yang masih tahap dikembangkan oleh Google, pertama kali muncul pada pertengahan 2016. OS ini bersifat universal, artinya dapat berjalan di semua perangkat. Dari smartwatch sampai komputer dekstop.

Google sendiri belum banyak memberitahu tentang sistem fuchsia ini. Dan berikut adalah beberapa informasi tentang OS Fuchsia.

Hubungan Fuchsia dengan Android dan Chrome

Sebenarnya android dan chrome OS menggunakan karnel linux, tapi telah banyak yang dimodifikasi. Tidak hanya itu, karnel Linux memang banyak digunakan pada berbagai perangkat seperti router, modem, smart device dan lainnya.

Berbeda untuk fuchsia OS ini yang dibuat/dibangun bawah ke atas dengan karnel micro baru yang disebut zircon. Tujuannya tentu untuk efisiensi dan fleksibilitas. Konsepnya kembali beberapa puluh tahun, namun sebagian besar ditinggalkan. Google melihat arsitektur microkernel sebagai potensi yang sesuai untuk OS generasi berikutnya yang tidak hanya untuk ponsel tapi juga untuk PC.

Proyek fuchsia OS sama seperti android dan crome os yang bersifat open source, bebas digunakan dan di modifikasi (otak-atik). Contohnya, sekarang banyak Custom Rom untuk smartphone android dan telah dimodifikasi.

Pengaruh Fuchsia Terhadap Perkembangan

Fuchsia OS dapat ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman populer menggunakan kit pengembangan perangkat lunak flutter baru. Flutter memungkinkan aplikasi ditulis dengan kompatibilitas maksimum antara fuchsia, android dan IOS. Artinya ini dapat membuat aplikasi dari ketiga platform itu bisa dengan mudah berjalan pada os fuchsia.

Desain flutter dibangun berdasarkan Google Design atau Material Design, yang sekarang digunakan oleh android, chrome os dan web terbaru dari google.

Kapan Fuchsia hadir

Jawabannya tidak tahu kapan rilisnya, karena fuchsia OS ini adalah tahap awal pembangunan. Salah satu dari fuchsia ialah kode sumber yang diposting di github dan repositories google. Tapi ternyata ada beberapa perangkat yang bisa menjalankan Fuchsia OS ini, diantaranya; PC mini Intel NUC , Acer Switch Alpha 12.

Mungkinkan sistem operasi dari google ini akan sangat menarik, dan sebagai pengganti dari android. Membahas tentang fuchsia, namanya agak sulit untuk dikatakanšŸ˜®. Dan nama fuchsia ini adalah nama dari tanaman bunga.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus